Utama » , , , , , , , » Kenali tanda Kekenyangan pada Lele Sangkuriang

Kenali tanda Kekenyangan pada Lele Sangkuriang

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Rabu, 25 September 2013 - Diupdate Pada: Rabu, September 25, 2013

Dalam postingan Management Pakan, Aturan pemberian Pakan dan Jenis-jenisnya, saya memberikan tips bagaimana caranya memberikan pakan yaitu dengan cara Berikan sedikit demi sedikit sampai kenyang. Namun  bagaimana cirinya lele sudah kenyang atau belum?

Ada banyak tanda jika lele sudah mulai kenyang saat kita beri pakan. Ketika lele sudah kenyang, maka baiknya hentikan pemberian pakan, daripada pakan tersebut tidak termakan dan mengendap di dasar kolam. 

Endapan ini berpotensi menjadi racun amoniak yang bisa membunuh lele itu sendiri. Tanda-tanda lele sudah kenyang, diantaranya jika 25% lele yang berebut makan meninggalkan arena perebutan pakan. 

Berikut beberapa ciri:
  1. Riakan air akibat lele berebut makan mulai berkurang. 
  2. Tersisa beberapa butir pelet terapung yang tidak segera dilahap.
  3. Ada butir pelet dalam waktu 3 menit tidak lilahap, atau lele malas-malasan ketika ditebar pakan. 
Insting untuk mengetahui tanda-tanda lele sudah kenyang ternyata perlu diasah untuk kesuksesan budidaya lele.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

3 comments:

  1. Mau tanya mas, leleku tiap setelah tak kasih makan kok beberapa saat kemudian da yang nggantung ya? gk banyak sih paling 10-20%, tp biasanya setelah 1 ja lebih lelenya masuk ke kolam lagi. apakah karena kebanyakan makan ya? trus kalo pemberian makan trus kebanyakan gitu lama-lama bisa menyebabkan kematian/penyakit pada lele tersebut? trus terang saya masih kebingungan mengenai pemberian pakan yang pas, seiring pertumbuhan lele tersebut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran ikan & jenis pakannya apa om

      Hapus
    2. Iya mas, itu kemungkinan karena kekenyangan, bahaya mas karena bisa menyebabkan pecah usus. Katanya temen lele itu ususnya pendek, jadi kao makan jangan kebanyakan tapi sering. dah coba cara yang ada di artikel ini: http://komunitas-lelesangkuriang.blogspot.com/2013/04/management-pakan-aturan-pemberian-pakan.html

      Hapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email