Utama » , , , , , , , , , » Semakin banyak saja Manfaat Daun Pepaya untuk Lele Sangkuriang

Semakin banyak saja Manfaat Daun Pepaya untuk Lele Sangkuriang

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Rabu, 25 September 2013 - Diupdate Pada: Rabu, September 25, 2013

Postingan ini bukan repost, sebelumnya saya sudah pernah bahas disini tentang Daun Pepaya yang dapat menurunkan PH Air. Nah ternyata setelah di teliti (kayak yang bener aje ane neliti hehe) manfaat daun pepaya bukan hanya sebagai penurun ph air saja. Manfaat buat ikan lele sangat banyak sekali.


Daun Pepaya - Gambar dari Google Images
Nah berikut beberapa manfaat dan fungsi daun pepaya diantaranya yang bisa diaplikasikan dalam budidaya lele sangkuriang:
  1. Obat setres saat ikan sedang kepanasan atau saat ikan baru di beli dan di masukan dalam kolam pembenihan atau penebaran. 
  2. Obat agar ikan bisa lebih santai dan slow dalam kolam. Caranya rajang halus daun pepaya trus sdikit di remas-remas, kalau sdh layu/lecek tebarkan ke kolam buat pakan ikan lele.
  3. Mengurangi sifat kanibalisme di antara sesama ikan lele. Caranya cincang lembut daun pepaya terus di beri sedikit tetes tebu/Molase lalu di aduk-aduk sampai rata, biarkan kurang lebih selama 15 menit, baru di kasihkan ke ikanya,
  4. Pakan alami sebagai Penambah daya Imunitas pada Lele. Caranya bisa di rajang atau langsung di lempar ke kolam 
  5. Untuk sterilisasi air kolam dari penyakit. Caranya adalah ambil daun pepaya dan tangkainya secukupnya sesuai dengan luas kolam yang anda miliki, perbandinganya 1 gengggam untuk 1 mtr persegi, cincang/rajang daun pepaya kecil-kecil terus di tumbuk sampai halus trus di tebar ke kolam secara merata.
  6. Sterilisasi Kolam Terpal agar ikan tidak banyak yang mati saat penebaran benih dan pembesaran juga pemeliharaan. Caranya ambil daun pepaya terus tumbuk sampai halus kemudian campur degan air dan semprotkan ke seluruh permukaan daripada terpal atau campur dgn air kemudian di aduk-aduk diamkan selama 15 menit terus di saring dan di semprotkan ke seluruh permukaan terpal baru, biarkan ramuan kering Kurang lebih 5 hari kemudian bersihkan kolam dari kotoran daun pepaya bilas sampai bersih, kemudian kolam diisi air.
Nah semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita terutama tentang manfaat daun pepaya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

0 comments:

Posting Komentar

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email