Utama » , , , » Pendahuluan - SOP/Panduan Pembesaran Lele Sangkuriang Organik

Pendahuluan - SOP/Panduan Pembesaran Lele Sangkuriang Organik

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Selasa, 20 Agustus 2013 - Diupdate Pada: Selasa, Agustus 20, 2013

Bismillahirahmanirahiim

Sebelum memulai sesuatu, tidak ada salahnya bagi kita untuk merencanakannya supaya segala sesuatunya berjalan dengan baik. Begtupun dengan SOP/Panduan ini saya harap bisa menjadi sebuah panduan untuk para peternak terutama yang baru dan ingin memulai budidaya Lele Sangkuriang.


SOP/Panduan ini adalah panduan untuk memulai ternak lele dengan teknik organik. Lalu mengapa saya memilih membuat panduan budidaya dengan teknik ini? Jawabanya adalah karena dengan cara ini, cara yang ditempuh tidak terlalu rumit, dana/biaya yang diperlukan cukup sedikit, dan hasil yang peroleh maksimal (telah dibuktikan oleh beberapa pembudidaya).

Oke kita mulai.

Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai ternak lele sangkuriang.
  1. Tentukan dahulu apa yang akan dilaksanakan, apakah kita akan beternak untuk belajar (coba-coba) atau mau memulai dengan skala produksi
  2. Jika baru pertama dan baru akan mencoba, buat kolam dengan ukuran 2x5x1,5 meter dengan padat tebar 1000 ekor per kolam. dan buatlah dulu 1 kolam. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan hasil dan meminimalisir kerugian jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  3. Cari suplier/penyedia bibit lele sangkuriang yang bagus. (jangan sampe pas kolamnya udah jadi baru nyari suplier bibit hehe).
  4. Jika sudah pada tahap melanjutkan dan cukup menguasai tentang pembesaran lele sangkuriang, silahkan buat kolam dengan ukutan produksi/bisnis dengan ukuran 4x6x1,5meter atau 8x10x1,5meter.
  5. Setelah diketahui pada posisi apa kita saat ini, silahkan dilanjut ke panduan selanjutnya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

5 comments:

  1. Trims gan, smg bermanfaat bagi sy.

    BalasHapus
  2. Pak... Penyedia bibit untuk daerah Jatiasih Bekasi, yang bagus ada rekomendasinya... Dimana dan kontaknya?... Terima kasih...

    BalasHapus
  3. Gan mau tanya, kalo pengen ikut pelatihan sama pak nasrudin bisa hubungi kemana ya ?
    Mkasih sebelumnya

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email