Utama » , , , , » Pemilihan Benih - SOP/Panduan Pembesaran Lele Sangkuriang Organik

Pemilihan Benih - SOP/Panduan Pembesaran Lele Sangkuriang Organik

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Rabu, 04 September 2013 - Diupdate Pada: Rabu, September 04, 2013

Benih merupakan komponen vital dalam budidaya lele Sangkuriang. Dengan benih/bibit yang berkualitas, maka Insya Allah hasil yang di dapatkan juga dapat maksimal.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenli ciri-ciri bibit lele sangkuriang yang bagus/baik. untuk mengetahui hal ini, bisa dilihat disini.

Mengenali dan Memilih benih lele Sangkuriang yang berkualitas

Selanjutnya adalah bagaimana mendapatkan bibit/benih lele sangkuriang yang baik. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh Bibit Ikan Lele Sangkuriang berkualitas bagus. Untuk mendapatkan bibit ikan lele berkualitas bagus sebaiknya memperhatikan beberapa hal :
  1. Jika memungkinkan, gunakan benih hasil pemijahan sendiri.
  2. Cari tempat membeli bibit/benih Ikan Lele Sangkuriangyang terpercaya.
  3. Pilih Jenis dan  Kualitas Indukan Bibit/benih Lele sangkuriang yang baik. Bibit lele yang  berkualitas biasanya dihasilkan dari indukan lele yang  jenis dan  kualitasnya terjamin. Selain pentingnya tata cara dan  perawatan ikan lele, faktor genetika juga sangat berpengaruh besar dlm pertumbuhan dan  daya tahan bibit ikan lele yang  akan dibudidayakan, sehingga  wajib bagi kita utk mengetahui jenis dan  kualitas indukan bibit lele yang  akan budidayakan.
  4. Perhatikan Kesehatan Bibit/Benih Lele Sangkuriang. Kesehatan bibit ikan lele merupakan faktor penting dlm memilih bibit lele yang berkualitas bagus. Meskipun bibit lele dihasilkan dari indukan ikan lele yang  berkualitas namun terkadang tata cara pemijahan dan  perawatan benih stlh penetasan yang  tidak baik mengakibatkan turunnya kualitas bibit lele. Bibit lele yang  kurus dan  hanya besar kepalanya saja  pertumbuhannya akan lambat, penyebabnya dpt karena penyakit atau ada yang  berpendapat ciri-ciri bibit lele tersebut biasanya berjenis jantan dan  pertumbuhannya lebih lama dari bibit lele betina.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

8 comments:

  1. Dimana pak saya bisa beli bibit lele sangkuriang yang hasil perkawinannya tidak masal?lokasi saya di surabaya.mohon bantuannya 081231680829
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf wilayah surabaya belom ada info

      Hapus
  2. Pa mohon info pa untuk mendapatkan bibit di daerah jawa barat saya bisa mendapatkannya dimana ya pa? Terimakasih mohon bantuan nya pa.

    BalasHapus
  3. gan punya tempat pembesaran lele gak?? boleh gk kl ane main buat nanya2?/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gan, beberapa foto di blog adalah hasil dokumentasi dari kolam sendiri. silahkan main-main ke garut gan

      Hapus
  4. Pak admin sy bth bibit lele sangkuriang 1500 ekor. Sy tinggal di bekasi. Kl sy mau ambil dr tempat bapak yg digaut apa bs dibantu? Harga per ekor untuk ukuran 4-6cm dan ukuran 10-12 cm brp? Kalo didaerah bekasi apa ada rekanan terpercaya yg bs bnt. Ini no hp sy 087804230460. Tks

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email