Utama » , , , , , , , , » Bermasalah dengan PH Air kolam? pakai daun pepaya atau bonggol pisang

Bermasalah dengan PH Air kolam? pakai daun pepaya atau bonggol pisang

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Sabtu, 29 Juni 2013 - Diupdate Pada: Sabtu, Juni 29, 2013

Melakukan budidaya lele sangkuriang tidak selalu mulus dan lancar-lancar saja. berbagai permasalahan pasti menerpa. baik itu permasalahan teknis, maupun non teknis. Salah satu permasalahan teknis yang sering terjadi adalah pengelolaan kolam, terutama bagi pemula. Terutama bagi yang menggunakan kolam terpl sebagai mdia pembesaran lele sangkuriang.

Artikel, Fakta dan Data, Kendala/Penyakit, Kolam Lele, Kolam Tanah, Kolam Tembok, Kolam Terpal, Lele Sangkuriang, Tips dan Trik,
Daun Pepaya
Salah satu permasalahannya yang sering terjadi adalahah tidak stabilnya PH air. terutama saat turun hujan atau cuaca yang sangat terik. volume air akan berubah cukup drastis dan mengakibatkan PH akan ikut berubah. hal ini tidak baik bagi kondisi ikan dikolam budidaya. karena akan berakibat negatif pada lele sangkuriang.

Jika hal ini terjadi, kita bisa mencoba menggunakan salah satu tanaman yang mempunyai kegunaan sebagai pensetabil ph air kolam lele saat kolam kita mengalami penurunan/peningkatan PH air adalah POHON PEPAYA, pepaya ini mulai dari daun hingga pohonnya semuanya bisa kita gunakan  sebagai penetralisir dengan cara memasukannya kedalam air kolam. silahkan masukan beberapa lembar daun pepaya, atau potongan batang pohon pepaya kedalam kolam lele.

namun tidak hanya sebagai penetralisir PH air saja, namun pohon pepaya ini bisa juga sebagai obat herbal bagi ikan lele pada saat musim hujan, karena biasanya pohon pepaya yang kita masukan akan ditumbuhi oleh lumut dan lumut tersebut akan dimakan oleh ikan lele yang tanpa disadari sudah mengandung obat herbal. (Praktis dan mudah kan). Dengan demikian kita tidak perlu menambahkan obat-obatan kimia kedalamnya.

Selain pohon pepaya bila kita mau mengantisipasi menurunnya ph air kolam lele kita juga bisa menggunakan garam ikan atau bogol pisang, tetapi perlu diperhatikan jangan sampai menambahkan bogol pisang terlalu banyak karena dosis yang berlebih malah akan ber efek buruk.

Silahkan aplikasikan, namun perlu diperhatikan adalah jangan memberikan nya dalam dosis yang berlebihan supaya tidak berakibat buruk pada lele yang kita pelihara.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

4 comments:

  1. trims gan ats infonya..........

    BalasHapus
  2. Pemberian Pohon Kates dan Pisang berapa banding berapa Mas

    BalasHapus
  3. Pemberian Pohon Kates dan Pisang berapa banding berapa Mas

    BalasHapus
  4. Untuk penyakit radang usus pada lele obat ya apa ya? Terus cara y gimana?

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email