Utama » , , , » Management Pakan, Aturan pemberian Pakan dan Jenis-jenisnya

Management Pakan, Aturan pemberian Pakan dan Jenis-jenisnya

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Kamis, 11 April 2013 - Diupdate Pada: Kamis, April 11, 2013

Pemberian pakan pada Lele Sangkuriang sangat penting untuk di atur. lele adalah jenis ikan yang rakus, mereka tidak akan berhenti makan walaupun akan menyebabkan perut mereka pecah/radang. lele sangkuriang yang mengalami peradangan akan mati atau kalaupun tidak mati maka lele sangkuriang akan sulit besar atau istilahnya kontet.

Nah berikut management pakan yang bisa di share.

Jenis Pakan lele Sangkuriang

Pakan lele memiliki beberapa jenis. Pemberiannya disusikan dengan kebutuhan lele sangkuriang.
  1. Pakan Apung, Digunakan selama masa Pertumbuhan. Misal: L1 atau LL1K, PL2, dll
  2. Pakan Tenggelam, Digunakan untuk menurunkan kadar lemak lemak, menambah bobot berat tubuh. Baik digunakan menjelang panen. Misal SNL
  3. Pakan Alternatif, Pakan alternatif untuk mensiasati mahalnya pakan pabrikan. Misalnya: Keong Mas, Ikan Rucah, Sosis, Ayam Tiren. Namun Perlu di yang perhatikan adalah pengolahan pakan alternatif uga harus higienis supaya tidak berakibat buruk pada Lele sangkuriang.

Komposisi Pakan pada lele Sangkuriang

Berikut adalah komposisi pakan yang bisa diimplementasikan (untuk 1000 ekor benih)
  1. Pakan Apung (L1 atau LL1K): 3 kg
  2. Pakan Apung (PL2 atau 781-2): 5 kg
  3. Pakan Apung (PL3 atau 781): 22 kg
  4. Pakan Tenggelam (SNL): 70 kg

Total Pakan 100 Kg.

Pakan alternatif digunakan untuk menggantikan Pakan Tenggelam, untuk jumlahnya, silahkan di sesuaikan dengan kebutuhan.

Aturan Pemberian Pakan pada lele Sangkuriang

Pemberian Pakan Apung
  1. Pakan terlebih dahulu “dibibis” caranya:
    - Semprotkan sedikit demi sedikit air ke dalam pakan, tetapi jangan sampai becek.
    - Aduk sampai merata
    - Biarkan 15 s.d. 30 menit sampai pakan terasa kenyal / empuk baru pakan siap ditebar
  2. Tebar pakan secara merata
  3. Tebar  pakan sedikit demi sedikit
  4. Berikan sampai kenyang , akan tetapi jangan ada pakan tersisa (tidak termakan)
  5. Hentikan pemberian pakan jika gerakan ikan sudah melambat

Pakan Tenggelam
  1. Pakan tak perlu dibibis
  2. Tebar di satu titik
  3. Berikan sedikit demi sedikit sampai kenyang,ditandai dengan Gumpalan yang semakin kecil dan gerkan ikan melambat

Waktu Pemberian Pakan

Berikan pakan 4-6 kali sehari
  • Versi 4 kali: 09.00, 13.00, 17.00, 21.00
  • Versi 6 kali: 09.00, 12.00, 15.00, 17.00, 19.00, 21.00

Silahkan dipilih mau yang 4 atau yang 6 kali, namun harus konsisten, maksudnya kalau memilih yang 4 kali terus gunakan empat, begitupun kalau memilih yang 6 kali

CATATAN PENTING PEMBERIAN PAKAN!
  1. Memberikan PAKAN JANGAN SAMPAI TERSISA, dapat menimbulkan RACUN
  2. Jangan “GANGGU” lele sesaat setelah makan. Bisa menimbulkan stres, dan pakan bisa dimuntahkan kembali
  3. JANGAN BERIKAN PAKAN JIKA MAU TURUN HUJAN
  4. JANGAN BERIKAN PAKAN TERLALU PAGI, menimbulkan penyakit RADANG INSANG

Cek juga videonya disini: Video Simulasi Pemberian Pakan

Oke, kalau ada yang kurang jelas silahkan diskusikan di Facebook Group, atau bisa komentar disini.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

72 comments:

  1. Bagaimana dengan pemberian pakan tambahan sosis. berapa banyak sosis untuk 1000 ekor dan mulai umur berapa sampai berapa kali.
    sebelumnya terimakasih utk jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jumlah disesuaikan saja, jumlah berbeda untuk setiap kasus. Diperlukan beberapa percobaan untuk mendapatkan jumlah yang tepat. Namun saran saya sesuaikan saja jumlahnya dengan pelet. maksudnya jika sisa pelet yang seharusnya diberikan untuk lele tinggal 60 kg lagi, berikan sosis kurang lebih sebanyak 60kg.

      Pemberian dilakukan setelah lele memasuki masa penggemukan yaitu setelah melewati tahapan ke tiga (setelah pemberian pakan tenggelam)

      Jadi pakan alternatif ini biasanya adalah untuk menggantikan pelet tenggelam.

      Mudah-mudahan membantu

      Hapus
    2. Saya dari pare,saya agen bibit ikan lele segala jenis ukuran dan melayani lele konsumsi yg mampu memasok 15ton/bulan.

      untuk info soal lele hubungi saya budi 082155022949

      Hapus
  2. Selamat malam.
    Saya berencana untuk merintis usaha pembesaran lele sangkuriang. --Boleh minta info mengenai supplier kolam terpal press yang terpercaya?
    -Untuk pemberian pakan, bisa tolong dijelaskan periode2 pemberian jenis pakan? Misal saya akan membesarkan lele 7-10cm, berapa lama saya harus pakai pelet PL1, lalu berapa lama pakai PL2, PL3, dan seterusnya hingga panen.

    Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan pertama,
      Silahkan kunjungi facebok group kami, disana terdapat member yang menyediakan terpal bagus (Silahkan join dan kontak member Vino Khedira)

      Untuk pakan, menurut pelatihan yang pernah saya ikuti, patokan pemberian bukan lamanya waktu pemberian pakan, disebutkan bahwa pemberian pakan sebagai berikut:
      Pakan Apung (L1 atau LL1K): 3 kg
      Pakan Apung (PL2 atau 781-2): 5 kg
      Pakan Apung (PL3 atau 781): 22 kg
      Pakan Tenggelam (SNL): 70 kg
      Nah maksudnya silahkan diberikan pakan sesuai urutannya, nah nanti ketika habis (musal L1 3kg), setelah habis 3 kg, walaupun baru 1 minggu, langsung lanjut pakan PL2, dan seterusnya

      Hapus
  3. kalau habis dikasih pakan tiba-tiba hujan, apa efeknya terhadap lele min?dan gimana solusinya kalau itu terjadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas sudah dikasih makan trus turun hujan, biasanya lele akan memuntahkan makanannya kembali.

      Solusinya, jaring/ambil kembali pakan yang dimuntahkan itu (pakan yang dimuntahkan biasanya terapung selama beberapa menit sebelum nantinya tenggelam dan jadi racun)

      Hapus
  4. untuk ikan rucah bagaimana pengolahannya?dikasih mentah ato direbus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya direbus dulu supaya jika ada bakteri yang tidak diharapkan bisa mati. pemberiannya jangan terlalu berlebihan supaya tidak menjadikan air keruh dan bau.

      Hapus
  5. Mas opik, mau nanya
    - Untuk /m3 idealnya padat tebar bibit berapa ekor
    - Berapa idealnya ketinggian air dalam kolam dari tebar bibit sampai panen
    - Manageman pakan yang diatas kan untuk 1000 bibit, kalau untuk 1500 atau 2000 bibit gimana aturannya mas, ada rumusnya ngga?
    - untuk pemula bagusnya berapa ukuran kolam dan jumlah bibitnya

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Padat tebar ideal adalah 100-120 / meter3 (Sumber terpercaya hehe)
      2. tinggi air bertahap, dari mulai tebar 50cm -> 70cm -> 90cm - 120cm (Panen)
      3. di kalikan aja (misal pl 1 untuk 1000 ekor kan 3kg, berarti untuk 1500 ekor 4,5 kg, untuk 2000 ekor 6kg) begitu juga untuk pakan PL2 dst

      Semoga Membantu

      Hapus
    2. Terimakasih mas opik atas responnya.
      Mau nanya lagi (hehe)
      - tinggi air 50 cm dari mulai tebar itu sampai berapa hari mas baru dinaikkan 70cm, dari 70cm ke 90cm berapa hari, dan dari 90cm ke 120 berapa hari.

      Hapus
    3. Sesuai habisnya pakan:
      Pertama tinggi air 50cm.
      - Jenis pakan: Pakan Apung (L1 atau LL1K): 3 kg, sesudah habis naikan/tambah air jadi 70cm
      - Lanjut Pakan Apung (PL2 atau 781-2): 5 kg, sesudah habis naikan/tambah air jadi 90cm
      - Lanjut Pakan Apung (PL3 atau 781): 22 kg, sesudah habis naikan/tambah air jadi 120cm, dari sini air tidak perlu dinaikan lagi sampe panen.

      Hapus
  6. kl misalnya seharian hujan bgmn cara memberi makan lele?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aturan terpenting dalam pemberian pakan lele adalah jangan ganggu lele setelah diberi pakan karena akan membuat lele memuntahkan kembali makannya dan kemudian pakan yang dimuntahkan akan mengendap di bawah kolam kemudian membusuk dan menjadi racun.

      Nah ketika hujan, lele akan menganggap hujan sebagai gangguan sehingga akan memuntahkan kembali makanannya, namun jika hujannya terus menerus seharian, kita bisa memberikan pakan kepada lele pada saat hujannya tidak terlalu deras (kan gak mungkin seharian hujannya deras terus hehe). hal ini ditandai riak air pada permukaan kolam tidak terlalu besar. Namun harus diingat pemberiannya jangan terlalu banyak supaya tidak tersisa. dan prekwensi pemberian pakannya di kurangi misalnya 1-2 kali, tergantung kondisi hujannya.

      Semoga bermanfaat infonya...

      Hapus
  7. Pakan untuk lele yang memungkinkan adalah pakan alternatif, pakan pabrikan, sptnya terlalu mahal untuk digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100% Setuju pa, cuma harus yang organik dan higienis, jangan pake kohe walaupun dimakan namun bisa menurunkan kualitas lele itu sendiri

      Hapus
    2. jadi gan yang organik tu pake apa? napa gak boleh pake kohe? sementara kohe tsb mjd pemicu tumbuhnya pakan alami gan

      Hapus
    3. Kohe itu dipakai untuk mengompos air dan memicu tumbuhnya pakan alami lele dan memicu tumbuhnya alga baik yang dibutuhkan lele.

      Yang dimaksud tidak boleh pake kohe adalah tidak boleh pake kohe untuk pakan lele (di beberapa tempat ada yang memberikan pakan lele dengan kohe ayam atau kohe puyuh). kohe cukup untuk kompos air saja.

      Hapus
  8. Om ini saya baru tebar benih 2000 ekor untuk kolam 5x5 ktinggian airnya 120cm. Trlalu padat ggak sgitu itu?uiyaa...untuk pakn sehari 4x itu sekali makannya takaranya seberapa? ini untuk bibit 10-12cm an. Trus ngasih mkan yg thapp I itu jngka waktu berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ukuran tebar itu cukup, mungkin bisa ditambah jadi 2500 ekor karena idealnya 100 ekor/m3 untuk ukuran benih ini bisa langsung dari pemberian pakan ke 2
      - Pakan Apung (PL2 atau 781-2): 10 kg, sesudah habis naikan/tambah air jadi 90cm
      - Lanjut Pakan Apung (PL3 atau 781): 44 kg, sesudah habis naikan/tambah air jadi 120cm, dari sini air tidak perlu dinaikan lagi sampe panen.

      dari sini bisa pakai pakan tenggelam untuk menghemat biaya produksi atau bisa menggunakan pakan alternatif


      untuk pemberian pakan, diberikan sampai kenyang. caranya berikan pakan sedikit demi sedikit, pada pertama kali ngasih pakan lele akan terlihat sangat semangat, berikan terus sampai ikan kelihatan tidak semangat untuk memakan pelet. setelah itu hentikan

      Hapus
    2. Jumlah pakan yang diberikan total kurang lebih 200kg

      Hapus
    3. Untuk pakan tahap 2 kan 10kg. La biasanya 10kilo itu untuk berapa hari? Dan tahap 3 44kg jg untuk berapa hari? Trimaksih infonya

      Hapus
    4. Tergantung kondisi ikannya dan air, jadi tidak pasti antara satu kolam dengan kolam yang lain, biasanya pakan habis antara 7-14 hari

      Hapus
  9. apakah pertumbuhan lele bisa normal jika pemberian pakan menggunakan pakan alternatif dari ukuran 7cm sampai panen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemberian pakan alternatif/tambahan usahakan berikan setelah diberikan minimal 30% pelet, supaya perkembangan organ dalammnya sudah baik agar tidak mempengaruhi pertumbuhan lelenya

      Hapus
  10. Mas bagaimana pengaruh dengan air utk kolam terpal yg menggunakan air sumur bor?trus ciri air kolam terpal yg baik itu spt apa ya?saya mengganti air kolam kurang lebih tiap 5 harian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, setau saya air dari sumur bor bagus untuk mengisi kolam terpal. Ciri air yang baik itu biasanya PH nya berada pada kisaran 6,5; 7; 7,5. Sebaiknya kalau menggunakan teknik organik, tidak perlu sering2 sering ganti air, karena malah akan membuat sikumis menjadi stress

      Hapus
  11. Mas opik / admin web, saya tanya lg ya, spy jelas jd saya siap mulai usaha. soal pakan ini jujur saya bingung, jd saya tetapkan saya dlm pertanyaan ini, ukuran benih pembesaran lele sangkuriang saya adalah 5-7 (sptnya mentok 5-6cm aja, jarang ada yg 7). Saya sptnya berencana menggunakan 100% pelet pabrikan, tdk ada pakan tambahan spt keong mas dsb.

    Pertanyaan saya:

    1. Ukuran kolam 4 x 6m, kedalaman 1.2m. Brp sebaiknya tebar awal lele ukuran 5-6 tsb? jika saya isi per m2 120, jd total 2880 benih lele, apakah ni masih masuk kategori tebar normal? apa gpp utk ukuran kolam segitu mas?

    2. Dari sejak benih masuk kolam, kata pemain lele lain sebaiknya dtunda pemberian makan 1x24jam sejak lele dtebar dkolam. Benar gk ya? hehe..

    3. Urutan pemberian pakan pembesaran lele 5-6 dng pelet yg benar spt ini mas??
    Pakan Apung (L1 atau LL1K) lalu Pakan Apung (PL2 atau 781-2) lalu Pakan Apung (PL3 atau 781) dan terakhir Pakan Tenggelam (SNL).
    BENER GK YA?

    4. Sejak hari pertama benih lele 5-6cm sdh waktunya makan, dng benih lele 2880 itu brp itungan pemberian makan jika sehari saya kasih makan 3x saja (waktu mepet utk aktivitas lain saya jg).

    Pakan Apung (L1 atau LL1K): BUTUH BRP KG?
    Pakan Apung (PL2 atau 781-2): BUTUH BRP KG?
    Pakan Apung (PL3 atau 781): BUTUH BRP KG?
    Pakan Tenggelam (SNL): BUTUH BRP KG?

    Kalau semua pakan sdh habis berarti sudah musim panen lele gtu mas?

    ini jelas tinggal langsung ke toko pakan ikan :)

    HATURNUHUN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah panjang juga pertanyaannnya, hehe Bismillah,

      1. Itu ukuran Ideal, bapak bisa menggenapkan tebar menjadi 3000 ekor pak, saya rasa tidak masalah.

      2. iya pak benar, setelah tebar, jangan langsung diberi pakan, karena lele yang baru ditebar masih harus menyesuaikan diri, kalaupun di beri pakan, maka pakan tidak akan di makan malah akan jadi sampah/kotoran di dasar kolam

      3. Untuk sini silahkan di baca pada postingan management pakan pak.

      4. waktu pakan, silahkan disesuaikan pak, yang jelas hal ini akan bapak temukan sendiri ritmenya pak.

      Mengenai takaran di kalikan saja pak, jika 1000 ekor memerlukan 3 kg L1, maka untuk 3000 ekor membutuhkan 9kg L1, begitupun seterusnya

      semoga jawabannya dapat sedikit menjawab pertanyaan bapak.

      Hapus
  12. permisi saya mau tanya - tanya sedikit

    saya rencananya mau buat kolam terpal untuk ikan lele,trus yang mau saya tanyakan adalah.

    1.dalam 1 meter kolam berapa max bibit ikan didalamnya.
    2.untuk pakan benih lele apa saja yang boleh diberikan.
    3.untuk membuat kolam terpal dibutuhkan dana berapa ya mas.

    sekian hanya itu yang saya tanyakan trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Untuk teknik coba isi dengan 100-120/m
      2. Silahkan dibaca disini: http://komunitas-lelesangkuriang.blogspot.com/2013/04/management-pakan-aturan-pemberian-pakan.html

      3. Pengalaman saya membuat kolam 2x5m, menghabiskan dana sekuta 700rb (belum termasuk benih dan pakan)

      Terima kasih

      Hapus
    2. Maaf untuk benih, bisa di kasih cacing sutra atau artemia, (namun saya rekomendasi casut), lalu bisa di lanjut dengan fengli

      Hapus
  13. maaf gan saya mau tanya...saya punya kolam ukuran 2x4..idealnya saya tebar brapa bibit ea gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Mau menggunakan sistem ini, idealnya adalah 100-120 ekor/meter, untuk kolam 2x4 idealnya 800-1000 ekor dengan catatan tinggi air 1,2. dengan demikian tinggi kolam minimal 1,4-1,5m aar lele tidak lompat keluar kolam

      Hapus
  14. saya petani lele pemula gan...tolong bantu saya...

    BalasHapus
  15. gan saya mau tanya,jika tebar 30.000 bibit lele ukuran 7-8 cm ,luas kolam 100m2 :

    1. membutuhkan waktu berapa lama sampe panen ukuran konsumsi sekilo 6-8
    2. menghabiskan pelet berapa kilo sampe panen,pakan alternatif berapa kilo (telor,pala teri,usus ayam)
    3. kira2 menghasilkan berapa ton sampe lele konsumsi

    trima kasih atas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi kolam berapa meter? kalau tinggi kolam -+1meteran, kayaknya kepadatan, tingkat kepadatan sangat mempengaruthi pertumbuhan
      lama panen jika menggunakan pelet full sekitar 75-90 hari, namun jika menggunakan pakan tambahan, perlu di buktikan dengan pengaaman, hal ini karena pakan tambahan tidak semuanya bagus untuk pertumbuhan terutama jika pengolahannya kurang baik

      jika lancar serta tngkat kematian minim, Insya Allah bisa menghasilkan 3-3,5ton ya tetapi tetap tergantung dari pakan dan perawatan

      Hapus
  16. mas opik, perkenalkan nama saya Fendy hahaha, baru mau buka usaha lele nih mas, tapi saya bingung dimana bisa dapet pelet L1 LL2 dsb, karena di wilayah saya (Jakarta Barat) ga da yang jual, bahkan kebanyakan ga tau soal pelet itu. Kira" dimana ya mas yang jual, atau ada link langsung ke penjualnya ga mas? makasih sebelumnya mas opik, artikel menarik banget, hehehe, jadi semangat buat buka usahanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. L1, LL2, bisa diganti dengan 781,782, disesuaikan saja bang, gak usah dibuat sulit, yang penting kandungan nutrisi dan besaran peletnya sesuai dengan kebutuhan lele

      Hapus
  17. ikan rucah terdiri dari ikan apa saja min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. macem-macem gan biasanya sisa/ikan dari nelayan yang rusak atau tidak layak jual karena rusak secara fisik

      Hapus
  18. Permisi mo tanya mas, utk aturan pmberian pakan lele tu 4x sehari ya, pa tu utk ukuran pmbenihan saja?
    Sedangkan utk yg lele sdh besar apa jg gtu 4x smpek panen?
    Q prnh liat di petani lele lainx yg biasax utk Umur 1,5 bln d Kasih pakan 1x sehari dengan ikan Lemuru.
    Mohon pnjelasanx. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembesaran, supaya cepat panen pemberian pakan tetap 4 kali, kalau mau dikurang bisa 2 kali sekari pagi dan sore, tetapi tetap waktunya harus lebih dari jam 9 pagi

      Hapus
  19. Terimakasih sangat bermanfaat
    semoga mendapatkan pahala
    aamiin

    BalasHapus
  20. Mas jika jam 5 sore tebar lele apa paginya udah bisa di beri pakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan puasa 24 jam, jadi kalo tebar pukul 5 sore pakan pukul 5 sore juga

      Hapus
  21. Saya dari pare,saya agen bibit ikan lele segala jenis ukuran dan melayani lele konsumsi yg mampu memasok 15ton/bulan.

    untuk info soal lele hubungi saya budi 082155022949

    BalasHapus
  22. min saya teguh, saya masih pemula. saya mau tanya kalau airnya berwarna hitam kekuning-kuningan karena efek dari kotoran ayam baik tidak untuk ditebar bibt lele. mohon jawabanya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara pribadi ane belom pernah mengalami kondisi seperti itu. Usahakan warna air hijau terang atau hijau tua,

      Hapus
  23. Pak, saya ada beberapa pertanyaan nih, soalnya masih nubie.
    Saya punya 1000 bibit dengan ukuran kolam 2x4
    pakan masih pabrik+azolla kadang-kadang.

    pertanyaan 1. Apakah bapak sudah pernah coba azolla sebagai pakan tambahan?
    pertanyaan 2. Lele saya kalo habis di kasi makan suka timbul ngambil oksigen, trus ada beberapa yg suka ngambang dlm keadaan tegak gitu pak. Itu kenapa ya pak? apakah karena kadar oksigen air sudah kurang? kebetulan saya ga pake water treatment karena untuk hemat ongkos :-)
    pertanyaan ke 3. saya berencana untuk ikut menggunakan red water treatment dengan lactobacillus sp karena susah nyari Nitrobacter sp di Pontianak agar amonia bisa dikurangi kadarnya di dalam air. Apakah red water system ini bisa dikombinasi dengan tanaman seperti enceng gondok pak?

    Mohon jawabannya.
    Terima kash.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya pribadi belum karena keberadaan azola yang terbatas, namun beberapa teman sudah banyak yang menggunakan

      2. Apakah pakan dibibis? prilaku seperi ini adalah gejala lele kekenyangan.

      3. bisa, rws bisa dikombinasikan dengan Tanaman Air

      Hapus
    2. 1. Menurut teman bapak, apakah azolla bisa digunakan untuk substitusi pelet? misalkan 1x azolla 3x pelet per hari? atau formasi 2:2 gitu Pak?

      2. Sudah pak, tapi hanya saya seduh dengan air. tidak seperti pembibisan yang bapak contohkan.

      3. Siip kalo begitu.

      Mohon jawabannya lagi pak.

      Terima kasih.

      Hapus
    3. 1. Azola memiliki kadar serat tinggi jika masih basah, untuk itu jika ingin menggunakannya jangan terlalu banyak terutama lele yang belum mencapai ukuran besar karena akan memperlambat pertumbuhan, terkecuali di gunakan sebagai bahan baku pembuatan pelet

      2. pembibisan diusahakan sampai pakan mengembang supaya ketika di makan lele pelet tidak mengembang didalam perut.

      Hapus
  24. Misi mas mau nanya,kalau utk lele ukuran 5-7cm jumlah 1000 ekor, untuk takaran sekali makan tu berapa.
    Thx untuk jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk padat tebar rendah bisa pakai cara ini:

      http://komunitas-lelesangkuriang.blogspot.com/2014/03/video-tips-memberikan-pakan-pada-lele-sangkuriang-dengan-teknik-feeling-kira-kira.html

      Hapus
  25. mau tanya gan,
    kan larva yang berumur sekitar satu minggu dikasih makan Casut, itu porsinya berapa ya gan, satu gelas casut kira2 untuk berapa ribu larva Min ?
    terimakasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan saja dengan kebutuhan larvanya (beda tempat beda juga kebutuhannya)

      Hapus
  26. Maklum masih banyak belajar...
    Beberapa bulan lalu saya menggunakan suplemen tambahan pada pakan. Sempat dianjurkan dari petani lele menggunakan suplemen dengan produk lain. Selang 2 hari saya gunakan dalam pembibisan pakan, ikan mulai menunjukkan berbagai gejala, salah satunya posisi menggantung, perut mulai membesar.
    Yang saya pertanyakan, apakah sewaktu penggantian suplemen harus dicampur dulu dengan suplemen yang sebelumnya?
    Mohon pencerahannya...
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum negganti jenis pelet atau probiotik sebaiknya lele dipuasakan terlebih dahulu

      Hapus
  27. Mau tanya gan...
    Utk menghilangkan bau busuk di kolam lele menggunakan apa? Atau ada obat herbalnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghilangkan bau pada kolam bisa dengan cara mengganti air kolam sebanyak 30-50% tergantung seberapa bau kolamnya. sekaligus penambahan probiotik (probiotik yang digunkan bisa menggunakan probiotik yang mengandung bakteri lactobacilus)

      Hapus
  28. Maap om sebelumnya udah ngrepotin,,saya mau budidaya ikan lele om..

    Pertanyaan :

    1.Kolam lele kan bagusnya di kasih atap tuh biar ga kena sinar matahari langsung sama ga kena air hujan yg bisa nurun keasaman air kalau ga salah,,atap kolam yang tepat itu pake apa yah,,kalau pake terpal cepat rusak gara-gara kena panas matahari sama kena ujan terus-terusan..

    2.kolam pembenihan lele itu harus ada media untuk menempelnya telur kan yah om ?? pake ijuk gimana om ada saran ga ?? terus kalau udah menetas telurnya ijuknya di ambil yah om ??

    3.kan katanya kolam larva harus steril,,airnya jg steril,,berati kondisi air jernih ya om ga harus di buat hijau ?? suhunya jg stabil,,kalau pake kolam terpal suhunya kan ga stabil yah om ?? kalau pake baskom gimana om ada saran ga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kolam lele untuk pembesaran sebaiknya dibiarkan terbuka. apa lagi jika agan baru mau budidaya, dibikin atap malah menghabiskan modal untuk hal-hal yang tidak perlu. kolam perlu sinar matahari langsung agar bakteri pengurai dalam kolam dapat bekerja dengan baik. hujan pun demikian, asal kolam diberikan lubang pembuangan, Insya Allah baik-baik saja dan malah semakin baik karena kita tidak perlu mengganti air hehe

      2. Iya betul

      3. dua-duanya bisa tergantung teknik yang ingin diterapkan. kalo pake baskom mending jangan hehe

      Hapus
  29. Oiya Om klupaan..
    kalau ayam tiren dibakar dulu buat ngilangin bulunya ga pp kan Om ??

    Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengolahan ayam tiren harus benar-benar ekstra masbro, alangkah baiknya dibuang dulu temboloknyta, jeroannya, kemudian direbus baru di kasihkan

      Hapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email