Utama » , » Kiat Sukses Budidaya lele Sangkuriang

Kiat Sukses Budidaya lele Sangkuriang

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Rabu, 10 April 2013 - Diupdate Pada: Rabu, April 10, 2013

Judulnya keren yah, hehe. Tanpa bermaksud menggurui saya hanya berbagi atau mengutarakan ulang apa yang pernah saya dapatkan saat mengikuti pelatihan Petani Lele yang diselenggarakan oleh ALSI (Asosiasi Lele Sangkuriang Indonesia). Dalam pertemuan ini, pembicara mengungkapkan beberapa hal penting yang menentukan tingkat keberhasilan dalam budidaya lele. dan memang setelah dilakukan apa yang diutarakan memang ada benarnya juga. beberapa hal berikut ini memang sangat menentukan keberhasilan kita dalam berbudidaya lele sangkuriang.

Berikut hal-hal yang harus sangat diperhatikan dalam beternak lele sangkuriang.

1. Persiapan KOLAM

Kolam merupakan tempat hidup Lele Sangkuriang. jadi harus benar-benar diperhatikan kebersihannya, luas kolam, kondisi terpal (jika menggunakan terpal), dan lain-lain. tingginya angka kematian lele saat ditebar, adalah buruknya kondisi lele. apalagi stigma kita yang berfikir bahwa lele adalah mahluk kuat yang bisa hidup dalam kondisi apapun, ITU SALAH BESAR. Lele sangkuriang sebagaimana ikan lainnya memerlukan kondisi kolam yang bersih, dan sehat.

2. Pemilihan BENIH

Lele Sangkuriang akan berkualitas jika dimulai dengan bibit yang berkualitas. hati-hati ketika memilih benih karena ada benih yang dipijahkan dari hasil pijah suntikan. Usahakan benih sebisa mungkin yang dihasilkan dari perkawinan alami.

3. Tataguna PAKAN

Pemberian pakan yang kura maupun berlebihan akan menimbulkan masalah pada lele yang kita pelihara. Terlalu sedikit akan menyebabkan lele lambat pertumbuhannya, terlalu banyak akan menjadi racun yang akan menyebabkan lele mengalami radang lambung yang akan menyebabkan kematian pada lele.

4. Tataguna AIR

Kondisi Air sangat penting, jika air terlalu banyak kotoran, maka lele akan terhambat pertumbuhannya. Lele sangkuriang memang tidak memerlukan air yang mengalir, dengan demikian kondisi air harus sangat diperhatikan.

Oke semoga kiat-kiat ini bisa menjadikan kita peternak sukses amiin.
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini 
Salam Patilers

1 comments:

  1. menambah ilmu untuk membudidayak ikan mas.. terimakasih atas info nya

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email