Utama » , , , » Panduan Membuat Kolam Terpal Lengkap

Panduan Membuat Kolam Terpal Lengkap

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Selasa, 09 April 2013 - Diupdate Pada: Selasa, April 09, 2013

Artikel ini adalah cara membuat kolam terpal. Cara ini saya adaptasi dari pelatihan yang diselenggarakan oleh ALSI (Asosiasi Lele Sangkuriang Indonesia). Adapun kolam yang akan dibuat adalah Ukuran 2x5x1,5 meter.

Kolam ukuran 2 x 5 x 1,5 meter

Persiapan

Sebelum mulai pembuatan kolam, ada baiknya kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang kita akan perlukan agar tidak menghambat dalam proses pembuatan. Jika kita bisa membuatnya sendiri kita hanya perlu bantuan 1 atau 2 orang pekerja. berikut alat dan bahan yang harus dipersiapkan.
  1. Untuk rangka, kita bisa menggunakan bambu, ataupun kayu. Namun saya sarankan agar menggunakan bambu karena lebih tahan air. Lebih direkomendasikan (kalau ada) menggunakan bambu jenis Haur (dalam bahasa sunda, silahkan kalau ada yang tau dalam bahasa indonesianya) karena biasanya tidak lapuk melainkan tumbuh sehingga lebih tahan lama.
  2. Bambu anyam, bambu ini untuk membuat anyaman yang akan ditempatkan untuk dinding kolam agar kolam lebih rapat (anda juga bisa menggunakan cara alternative yang lain).
  3. Terpal, hehe tentu saja kita harus menyediakan terpal, namanya juga mau membuat kolam terpal, siapkan ukuran terpal dengan luas 5 x 8 meter (usahakan yang tebal, kalau ada yang berwarna orange).
  4. Peralatan kerja, disini meliputi, sekop, gergaji, kapak, golok, dan bahan-bahan pelengkap seperti tali tambang ukuran kecil, paku, jangan lupa siapkan makanan yang sehat supaya kerjanya semangat hehe.

Tahap persiapan selesai selanjutnya menuju tahap pembuatan.

Pembuatan Kolam

Berkut langkah-langkah pembuatannya.
  • Potong bambu untuk rangka, siapkan sebanyak 2 buah ukuran 5,5 meter (untuk penahan bagian atas yang panjang), 2 buah ukuran 2,4 meter (untuk penahan bagian atas yang pendek), 6 buah ukuran 2 meter (untuk tiang).
  • Buat anyaman bambu dengan tinggi 1,5 meter dan lebar 5 meter sebanyak 2 buah, dan ukuran 1,5 meter dan lebar 2 meter sebanyak 2 buah.
    CATATAN: langkah ini variatif, artinya bisa dibuat dengan anyaman ataupun dipaku ke tiang itu terserah kepada anda. berikut perbedaannya:
  • Gali tanah dengan ukuran 2 x 5 meter minimal sedalam 60 cm, ini agar kolam lebih kuat menahan beban air.
  • Pasang bambu sehingga membentuk rangka kolam
  • Siapkan terpal, meliputi langkah berikut.
    - Cuci terpal sampai bersih untuk menghindari racun yang masih ada pada terpal
    - Berikan lubang tambahan pada bagian pinggir kolam untuk mengikat terpal.
  • Pasang Terpal pada rangka kolam, ikat dengan tali tambang supaya kuat.
  • Langkah terakhir berikan selang pembuangan air jika diperlukan, selang ini diperlukan untuk mengatur volume air.
Selesai. Berikut kolam ukuran 2 x 5 x 1,5 meter. Dan sudah di isi dengan air




Siappppppp, tunggu apa lagi ayo mulai sekarang…

 Silahkan download versi pdf nya disini:  http://goo.gl/rnsqE

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

48 comments:

  1. katanya penggantian air seminggu sekali ya? cara ganti airnya gimana ya? apa dikuras semua apa gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, gak gan, dengan teknik ini air gak perlu diganti, bahkan jika pemberian pakan nya bagus sesuai dengan petunjuk, air bisa terus digunakan untuk periode ke dua, ketiga, bisa sampai 5 kali tanam.

      Cuma mungkin jika airnya berkurang, maka air di tambah supaya sesuai dengan kebutuhan.

      Terkecuali kalau menggunakan teknik lain

      Hapus
  2. kenapa terpal harus warna orange minta alasan nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sebenarnya gak ada alasan khusus sih gan, karena sebenarnya boleh juga warna biru, atau warna-warna lainnya. Cuma dari saat pelatihan2, kebanyakan peternak menyarankan warna orange (kebetulan ane suka warna orange) katanya ada perbedaan hasil, tapi ane ga sempet nanya tuh perbedaan detailnya.

      Tapi menurut ane pribadi, warna berpengaruh saat fermentasi air kolam lebih cepat stabil airnya. (mungkin phytoplanktonnya suka kali sama warna cerah hehe)

      Hapus
    2. UPDATE: katanya alesannya ini gan:
      Warna terpal direkomendasikan berwarna orange, disamping untuk keseragaman warna terpal orange juga baik untuk menyimpan panas sehingga mampu menjaga suhu kolam tetap stabil.

      Hapus
    3. nb,,dg terpal warna orange, bisa menambah nafsu makan lele,,,kita liat ja warna2 warung makan yang mewang kebanyakan memilih warna orange,,krn bisa menambah nafsu makan,,hehe

      Hapus
    4. saya ada jual terpal warna hitam carbon dan ada lapisan anti uv, cocok untuk kebutuhan kolam ikan bagi yang membutuhkan silahkan menghubungi website kami di www.kawanjaya.com

      Hapus
  3. klao kolamnya ukuran 3x4 m kira2 brpa bibit lele yg akn di tebar,dan sebaiknya bibit lele itu yg agk besar ato yg kcil...trims ya info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran bibit saat tebar biasanya ukuran 5cm-7cm, untuk kepadatan tebar, jika baru mulai saya sarankan cukup 100-150 ekor per meter persegi (untuk 3x4 dengan tinggi 1,2m kira-kira 1440 - 2160 ekor)

      Namun kalau sudah memahami tehniknya dengan baik bisa ditingkatkan kepadatannya menjadi 200-250 ekor per meter persegi

      Hapus
  4. Tp klw airnya udah kotor n bau ikannya pada berdiri semua......katanya air harus diganti minimal 30% nya.minimal 5 hari sekali harus diganti....karena saya juga budidaya lele di kolam terpal............mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan pemberian pakan, penyebab air kotor PASTI dari pemberian pakan yang berlebihan, air yang digunakan sebagai pengganti harus air bersih atau air yang sudah d fermentasi.

      Jika pemberian pakan sesuai aturan maka air tidak akan kotor

      Hapus
    2. Kalau pakai air PAM bsa tidak ya ? Trus klebihan dan kekuranganx juga ya ? Thankx

      Hapus
    3. Bisa, namun jika air mengandung kaporit berlebihan diperlukan pelakuan khusus, salah satu caranya adalah dengan mendiamkan air selam 1-2 malam, sebelum dimasukan kedalam kolam.

      Hapus
  5. mau tanya ni Saya punya kolam 2x3,5 sedang tingginy cuma sepinggang orang dewasa. kira Klu Saya masukkan 1000 ekor bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja cuma mungkin hasilnya kurang maksimal mbak (usahakan padat tebar 100-120/meter) trus tinggi kolam usahakan 150cm dan tinggi air minimal 120cm

      Hapus
  6. Assalamualaikum,,,
    mau tanya,
    ente jual bibit lele gak gan?
    kalo jual ane mau beli, trus harganya berapa?
    sekalian minta alamat lengkapnya, biar bisa dateng langsung sekalian silaturrahmi gtu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, untuk sementara belum, masih fokus di pembesaran, Insya Allah dalam waktu dekat

      Daerah mana gan?

      Hapus
  7. Ane di Indramayu, ane masih pemula gan, belum pernah budidaya lele, makannya ane pengennya dteng langsung beli sekalian tanya2 gtu cra pembuatan kolam dan pembesarannya, kalo boleh tau alamat ente dmana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane di garut gan, kalo mau serius langsung aja ikut pelatihan di bogor ato di BBAT Sukabumu, supaya lebih oke gan

      Hapus
  8. Kalo boleh tau alamat lengkap pelatihannya dmana ya? kalo boleh ane minta no.hp ente & no.hp tmpat pelatihannya, biar enak gtu ngobrol.y,
    sblumnya makash atas jwbannya gan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane di daerah Cilawu Garut gan, agak jauh dari pusat kota sekitar 1 jam. ane gak punya tempat pelatihan, tapi kalo sekedar ngobrol2 tentang lele bisa gan, Ato bisa sharing dengan ane lewat FB, Kalo ngomongin ini bisa gabung di komunitas FB kita gan, ntar PM ane di sana, lagian ntar banyak agan-agan laen yang pada kumpul

      https://www.facebook.com/groups/komunitaslelesangkuriang/

      Oke, Ane tunggu disini aja

      Hapus
  9. Nah ini artikel yg saya cari, hampir lengkap mas kecuali tentang itu parit yg dbuat ditengah lapisan tanah itu buat aliran air yg dkuras dr kolam terpalnya. Nah pertanyaan saya:

    1. Langkah terakhir berikan selang pembuangan air jika diperlukan, selang ini diperlukan untuk mengatur volume air. Mas menuliskan itu, lalu dimana itu selang pembuangan dipasang? di dalam kolam terpalnya? di pinggir? di tengah? lalu itu selang airnya keluar dialirkan ke parit itu atau gmana? tolong donk mas contoh nyata gambar selang pembuangannya ini bikin bingung saya cari dgoogle semua artikel yg saya kunjungi gk ada gambarnya n alurnya :(

    oya mas, bukannya terpal warna hitam itu paling menyerap panas dbandingkan warna lain? dalam teknik kimia entaah apa namanya warna hitam selalu paling atas dlm menyerap panas, dan lele hewan malam jd suka gelap, jd klo pake terpal warna hitam/gelap sptnya enak buat lelenya x ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuangan air di sesuaikan saja pak dengan kondisi kolam, dan pembuangan air yang dekat dengan lokasi kolam. bisa di tengah, di pinggir, yang jelas letaknya harus pada bagian terendah dari kolam.

      soal warna terpal, silahkan saja disesuaikan

      Hapus
  10. Gan, tanah udh digali sedalam 1 m, rencananya tinggi kolam terpal ane 1,4 atau 1,5 m (nantinya tinggi air max 1,2 m). Trus gan, apa perlu dikasih rangka seluruhnya kolam ane? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gek perlu seluruhnya, cukup kasih rangka pada bagian kolam yang muncul di atas permukaan kolam saja

      Hapus
  11. Gan kalo ane ada tanah 500m2 kira kira ane bisa buat berapa kolam? ane ada niat nih mau ternak lele,trus pelaatihan/kursus budi daya lele di daerah Bogor tu di mana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 500m2 itu bisa buat 30-35 kolam ukuran 3x6m, cek di google ada bang, cuma sekarang ini banyak ilmu online. ato coba cek di group

      Hapus
  12. gan kalo kolam terpal ane kecil uk 2x2xt1m . kalo buat anakan ikan piranha uk 5cm-7cm .
    lebih afdol di isi ikan berapa ekor gan .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ane gak tau kalo pake anakan piranha hehe

      Hapus
  13. Klo kolam dg ukuran 3x3m,kira2 bisa di isi berapa ekor ikan?Dg ukuran benih 5 - 7 cm,masa panennya berapa bulan dari awal tebar bibit ikan?dan kira2 butuh berapa kg pakan?rencana saya mau pakek kolam terpal aja.mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran 3x3 bisa diisi dengan 1000 ekor benih dengan perkiraan pakan total sebanyak < 1kwntal cek di management pakan untuk lebih detaik

      Hapus
  14. kalau untuk terpal bisa beli di tempat kami (Indoplastik), terseia berbagai macam terpal baik impor ekspor maupun tarpaulins dengan harga terjangkau. info lebih lanjut bisa email ke my_indoplastik.yahoo.com atau kunjungi website kami di www.indoplastik.com

    terimakasih

    BalasHapus
  15. gan mu tanya kolam 1x1m berpa benih yg bisa di tebar....
    maklum merintis pembesaran lele

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergntung teknik pembesaran yang agan pake, untuk organik 100-120 ekor, untuk teknik rws atau rws bisa 300-600 ekor tergantung perlakuan

      Hapus
  16. ini adalah hasil lele yang sempurna menurut saya ... dari blog ini saya banyak belajar

    www.youtube.com/watch?v=nccSnajGvPk

    BalasHapus
  17. Assaaualaikum wr wb....pak saya mau tanya.katanya untuk mencuci terpal itu harus menggunakan kapur putih yg gunanya untuk membunuh /membersihkan terpal dari racun yg enempel di terpal...?
    Kapur putih sejenis apa itu pak..?
    Trimakasih untuk syaring nya...salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      untuk mencuci terpal baru, tidak perlu menggunakan bahan bahan seperti itu, tidak perlu juga menggunakan detergent. cukup air bersih saja.

      caranya, kalau ada aliran air bersih seperti sungai atau selokan bersih, masukan kedalamnya, kemudian gosok-gosok menggunakan spon/sikat

      kalai tidak ada, bisa langsung pasang, setelah terpasang pakai air bersik untuk menyikat bagian dalam kolam. setelah beres disikat, buang airnya.

      semoga bisa membantu

      Hapus
  18. Maaf gan klo ukuran 2,5×2,5 M berapa ekor bibit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dalam kolam 1 meter lebih bisa diisi 650-700 untuk standar dan bisa meningkat jika menggunakan sistem padata tebar

      Hapus
  19. Gan ane mo tny.Klo bikin air supaya jd merah pakai cmprannya apa z.

    BalasHapus
  20. karung yg sudah digunakan bisa dipake untuk kolam kedua ?

    BalasHapus
  21. gan menurut pengalaman agan gmn klo kolam lele kehujuanan ??
    apa kolam harus ditutup plastik gitu ?
    ntar kolamnya bisa luber keisi air hujan gk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penambahan air hujan tidak telalu signifikan, kolam ane gak pernah di kasih atap, aman-aman aja, tapi biar gak was-was, kasih pembuangan aja

      Hapus
  22. Kalo kolam ukuran P:6 L:2 dan T:1. Itu idealnya di beri brapa Benih ikan Lele Gan..?? Trima kasih sbelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung teknik yang digunakan, bisa tebar antara 1200-1500 (Organik) dan 3600-8000 (Padat Tebar)

      Hapus
    2. Trima Kasih Gan ats pencerahannya.

      Hapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email