Utama » , , , » Panduan Membuat Kolam Terpal Lengkap

Panduan Membuat Kolam Terpal Lengkap

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Selasa, 09 April 2013 - Diupdate Pada: Selasa, April 09, 2013

Artikel ini adalah cara membuat kolam terpal. Cara ini saya adaptasi dari pelatihan yang diselenggarakan oleh ALSI (Asosiasi Lele Sangkuriang Indonesia). Adapun kolam yang akan dibuat adalah Ukuran 2x5x1,5 meter.

Kolam ukuran 2 x 5 x 1,5 meter

Persiapan

Sebelum mulai pembuatan kolam, ada baiknya kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang kita akan perlukan agar tidak menghambat dalam proses pembuatan. Jika kita bisa membuatnya sendiri kita hanya perlu bantuan 1 atau 2 orang pekerja. berikut alat dan bahan yang harus dipersiapkan.
  1. Untuk rangka, kita bisa menggunakan bambu, ataupun kayu. Namun saya sarankan agar menggunakan bambu karena lebih tahan air. Lebih direkomendasikan (kalau ada) menggunakan bambu jenis Haur (dalam bahasa sunda, silahkan kalau ada yang tau dalam bahasa indonesianya) karena biasanya tidak lapuk melainkan tumbuh sehingga lebih tahan lama.
  2. Bambu anyam, bambu ini untuk membuat anyaman yang akan ditempatkan untuk dinding kolam agar kolam lebih rapat (anda juga bisa menggunakan cara alternative yang lain).
  3. Terpal, hehe tentu saja kita harus menyediakan terpal, namanya juga mau membuat kolam terpal, siapkan ukuran terpal dengan luas 5 x 8 meter (usahakan yang tebal, kalau ada yang berwarna orange).
  4. Peralatan kerja, disini meliputi, sekop, gergaji, kapak, golok, dan bahan-bahan pelengkap seperti tali tambang ukuran kecil, paku, jangan lupa siapkan makanan yang sehat supaya kerjanya semangat hehe.

Tahap persiapan selesai selanjutnya menuju tahap pembuatan.

Pembuatan Kolam

Berkut langkah-langkah pembuatannya.
  • Potong bambu untuk rangka, siapkan sebanyak 2 buah ukuran 5,5 meter (untuk penahan bagian atas yang panjang), 2 buah ukuran 2,4 meter (untuk penahan bagian atas yang pendek), 6 buah ukuran 2 meter (untuk tiang).
  • Buat anyaman bambu dengan tinggi 1,5 meter dan lebar 5 meter sebanyak 2 buah, dan ukuran 1,5 meter dan lebar 2 meter sebanyak 2 buah.
    CATATAN: langkah ini variatif, artinya bisa dibuat dengan anyaman ataupun dipaku ke tiang itu terserah kepada anda. berikut perbedaannya:
  • Gali tanah dengan ukuran 2 x 5 meter minimal sedalam 60 cm, ini agar kolam lebih kuat menahan beban air.
  • Pasang bambu sehingga membentuk rangka kolam
  • Siapkan terpal, meliputi langkah berikut.
    - Cuci terpal sampai bersih untuk menghindari racun yang masih ada pada terpal
    - Berikan lubang tambahan pada bagian pinggir kolam untuk mengikat terpal.
  • Pasang Terpal pada rangka kolam, ikat dengan tali tambang supaya kuat.
  • Langkah terakhir berikan selang pembuangan air jika diperlukan, selang ini diperlukan untuk mengatur volume air.
Selesai. Berikut kolam ukuran 2 x 5 x 1,5 meter. Dan sudah di isi dengan air




Siappppppp, tunggu apa lagi ayo mulai sekarang…

 Silahkan download versi pdf nya disini:  http://goo.gl/rnsqE

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

155 comments:

  1. katanya penggantian air seminggu sekali ya? cara ganti airnya gimana ya? apa dikuras semua apa gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, gak gan, dengan teknik ini air gak perlu diganti, bahkan jika pemberian pakan nya bagus sesuai dengan petunjuk, air bisa terus digunakan untuk periode ke dua, ketiga, bisa sampai 5 kali tanam.

      Cuma mungkin jika airnya berkurang, maka air di tambah supaya sesuai dengan kebutuhan.

      Terkecuali kalau menggunakan teknik lain

      Hapus
    2. Mas jika kolam ukuran 6meter .panjang10 meter..baik nya di tabur benih berapa ribu?

      Hapus
  2. kenapa terpal harus warna orange minta alasan nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sebenarnya gak ada alasan khusus sih gan, karena sebenarnya boleh juga warna biru, atau warna-warna lainnya. Cuma dari saat pelatihan2, kebanyakan peternak menyarankan warna orange (kebetulan ane suka warna orange) katanya ada perbedaan hasil, tapi ane ga sempet nanya tuh perbedaan detailnya.

      Tapi menurut ane pribadi, warna berpengaruh saat fermentasi air kolam lebih cepat stabil airnya. (mungkin phytoplanktonnya suka kali sama warna cerah hehe)

      Hapus
    2. UPDATE: katanya alesannya ini gan:
      Warna terpal direkomendasikan berwarna orange, disamping untuk keseragaman warna terpal orange juga baik untuk menyimpan panas sehingga mampu menjaga suhu kolam tetap stabil.

      Hapus
    3. nb,,dg terpal warna orange, bisa menambah nafsu makan lele,,,kita liat ja warna2 warung makan yang mewang kebanyakan memilih warna orange,,krn bisa menambah nafsu makan,,hehe

      Hapus
    4. saya ada jual terpal warna hitam carbon dan ada lapisan anti uv, cocok untuk kebutuhan kolam ikan bagi yang membutuhkan silahkan menghubungi website kami di www.kawanjaya.com

      Hapus
  3. klao kolamnya ukuran 3x4 m kira2 brpa bibit lele yg akn di tebar,dan sebaiknya bibit lele itu yg agk besar ato yg kcil...trims ya info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran bibit saat tebar biasanya ukuran 5cm-7cm, untuk kepadatan tebar, jika baru mulai saya sarankan cukup 100-150 ekor per meter persegi (untuk 3x4 dengan tinggi 1,2m kira-kira 1440 - 2160 ekor)

      Namun kalau sudah memahami tehniknya dengan baik bisa ditingkatkan kepadatannya menjadi 200-250 ekor per meter persegi

      Hapus
  4. Tp klw airnya udah kotor n bau ikannya pada berdiri semua......katanya air harus diganti minimal 30% nya.minimal 5 hari sekali harus diganti....karena saya juga budidaya lele di kolam terpal............mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan pemberian pakan, penyebab air kotor PASTI dari pemberian pakan yang berlebihan, air yang digunakan sebagai pengganti harus air bersih atau air yang sudah d fermentasi.

      Jika pemberian pakan sesuai aturan maka air tidak akan kotor

      Hapus
    2. Kalau pakai air PAM bsa tidak ya ? Trus klebihan dan kekuranganx juga ya ? Thankx

      Hapus
    3. Bisa, namun jika air mengandung kaporit berlebihan diperlukan pelakuan khusus, salah satu caranya adalah dengan mendiamkan air selam 1-2 malam, sebelum dimasukan kedalam kolam.

      Hapus
  5. mau tanya ni Saya punya kolam 2x3,5 sedang tingginy cuma sepinggang orang dewasa. kira Klu Saya masukkan 1000 ekor bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja cuma mungkin hasilnya kurang maksimal mbak (usahakan padat tebar 100-120/meter) trus tinggi kolam usahakan 150cm dan tinggi air minimal 120cm

      Hapus
  6. Assalamualaikum,,,
    mau tanya,
    ente jual bibit lele gak gan?
    kalo jual ane mau beli, trus harganya berapa?
    sekalian minta alamat lengkapnya, biar bisa dateng langsung sekalian silaturrahmi gtu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, untuk sementara belum, masih fokus di pembesaran, Insya Allah dalam waktu dekat

      Daerah mana gan?

      Hapus
  7. Ane di Indramayu, ane masih pemula gan, belum pernah budidaya lele, makannya ane pengennya dteng langsung beli sekalian tanya2 gtu cra pembuatan kolam dan pembesarannya, kalo boleh tau alamat ente dmana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane di garut gan, kalo mau serius langsung aja ikut pelatihan di bogor ato di BBAT Sukabumu, supaya lebih oke gan

      Hapus
    2. Garutnya dmana gan... Tlong hbngi saya di 083808153253... Saya kpengen belajar serius gan

      Hapus
  8. Kalo boleh tau alamat lengkap pelatihannya dmana ya? kalo boleh ane minta no.hp ente & no.hp tmpat pelatihannya, biar enak gtu ngobrol.y,
    sblumnya makash atas jwbannya gan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane di daerah Cilawu Garut gan, agak jauh dari pusat kota sekitar 1 jam. ane gak punya tempat pelatihan, tapi kalo sekedar ngobrol2 tentang lele bisa gan, Ato bisa sharing dengan ane lewat FB, Kalo ngomongin ini bisa gabung di komunitas FB kita gan, ntar PM ane di sana, lagian ntar banyak agan-agan laen yang pada kumpul

      https://www.facebook.com/groups/komunitaslelesangkuriang/

      Oke, Ane tunggu disini aja

      Hapus
  9. Nah ini artikel yg saya cari, hampir lengkap mas kecuali tentang itu parit yg dbuat ditengah lapisan tanah itu buat aliran air yg dkuras dr kolam terpalnya. Nah pertanyaan saya:

    1. Langkah terakhir berikan selang pembuangan air jika diperlukan, selang ini diperlukan untuk mengatur volume air. Mas menuliskan itu, lalu dimana itu selang pembuangan dipasang? di dalam kolam terpalnya? di pinggir? di tengah? lalu itu selang airnya keluar dialirkan ke parit itu atau gmana? tolong donk mas contoh nyata gambar selang pembuangannya ini bikin bingung saya cari dgoogle semua artikel yg saya kunjungi gk ada gambarnya n alurnya :(

    oya mas, bukannya terpal warna hitam itu paling menyerap panas dbandingkan warna lain? dalam teknik kimia entaah apa namanya warna hitam selalu paling atas dlm menyerap panas, dan lele hewan malam jd suka gelap, jd klo pake terpal warna hitam/gelap sptnya enak buat lelenya x ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuangan air di sesuaikan saja pak dengan kondisi kolam, dan pembuangan air yang dekat dengan lokasi kolam. bisa di tengah, di pinggir, yang jelas letaknya harus pada bagian terendah dari kolam.

      soal warna terpal, silahkan saja disesuaikan

      Hapus
  10. Gan, tanah udh digali sedalam 1 m, rencananya tinggi kolam terpal ane 1,4 atau 1,5 m (nantinya tinggi air max 1,2 m). Trus gan, apa perlu dikasih rangka seluruhnya kolam ane? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gek perlu seluruhnya, cukup kasih rangka pada bagian kolam yang muncul di atas permukaan kolam saja

      Hapus
  11. Gan kalo ane ada tanah 500m2 kira kira ane bisa buat berapa kolam? ane ada niat nih mau ternak lele,trus pelaatihan/kursus budi daya lele di daerah Bogor tu di mana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 500m2 itu bisa buat 30-35 kolam ukuran 3x6m, cek di google ada bang, cuma sekarang ini banyak ilmu online. ato coba cek di group

      Hapus
  12. gan kalo kolam terpal ane kecil uk 2x2xt1m . kalo buat anakan ikan piranha uk 5cm-7cm .
    lebih afdol di isi ikan berapa ekor gan .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ane gak tau kalo pake anakan piranha hehe

      Hapus
    2. Askum gan klo buat kolam ikan patin sma ga disain nya?

      Hapus
  13. Klo kolam dg ukuran 3x3m,kira2 bisa di isi berapa ekor ikan?Dg ukuran benih 5 - 7 cm,masa panennya berapa bulan dari awal tebar bibit ikan?dan kira2 butuh berapa kg pakan?rencana saya mau pakek kolam terpal aja.mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran 3x3 bisa diisi dengan 1000 ekor benih dengan perkiraan pakan total sebanyak < 1kwntal cek di management pakan untuk lebih detaik

      Hapus
  14. kalau untuk terpal bisa beli di tempat kami (Indoplastik), terseia berbagai macam terpal baik impor ekspor maupun tarpaulins dengan harga terjangkau. info lebih lanjut bisa email ke my_indoplastik.yahoo.com atau kunjungi website kami di www.indoplastik.com

    terimakasih

    BalasHapus
  15. gan mu tanya kolam 1x1m berpa benih yg bisa di tebar....
    maklum merintis pembesaran lele

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergntung teknik pembesaran yang agan pake, untuk organik 100-120 ekor, untuk teknik rws atau rws bisa 300-600 ekor tergantung perlakuan

      Hapus
  16. Assaaualaikum wr wb....pak saya mau tanya.katanya untuk mencuci terpal itu harus menggunakan kapur putih yg gunanya untuk membunuh /membersihkan terpal dari racun yg enempel di terpal...?
    Kapur putih sejenis apa itu pak..?
    Trimakasih untuk syaring nya...salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      untuk mencuci terpal baru, tidak perlu menggunakan bahan bahan seperti itu, tidak perlu juga menggunakan detergent. cukup air bersih saja.

      caranya, kalau ada aliran air bersih seperti sungai atau selokan bersih, masukan kedalamnya, kemudian gosok-gosok menggunakan spon/sikat

      kalai tidak ada, bisa langsung pasang, setelah terpasang pakai air bersik untuk menyikat bagian dalam kolam. setelah beres disikat, buang airnya.

      semoga bisa membantu

      Hapus
  17. Maaf gan klo ukuran 2,5×2,5 M berapa ekor bibit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dalam kolam 1 meter lebih bisa diisi 650-700 untuk standar dan bisa meningkat jika menggunakan sistem padata tebar

      Hapus
  18. Gan ane mo tny.Klo bikin air supaya jd merah pakai cmprannya apa z.

    BalasHapus
  19. karung yg sudah digunakan bisa dipake untuk kolam kedua ?

    BalasHapus
  20. gan menurut pengalaman agan gmn klo kolam lele kehujuanan ??
    apa kolam harus ditutup plastik gitu ?
    ntar kolamnya bisa luber keisi air hujan gk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penambahan air hujan tidak telalu signifikan, kolam ane gak pernah di kasih atap, aman-aman aja, tapi biar gak was-was, kasih pembuangan aja

      Hapus
  21. Kalo kolam ukuran P:6 L:2 dan T:1. Itu idealnya di beri brapa Benih ikan Lele Gan..?? Trima kasih sbelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung teknik yang digunakan, bisa tebar antara 1200-1500 (Organik) dan 3600-8000 (Padat Tebar)

      Hapus
    2. Trima Kasih Gan ats pencerahannya.

      Hapus
  22. Gan sorry ni saya mau nanya kira" kalau buat kolam ukuran P5m L3m T80cm kira" butuhin ukuran terpal yg brapa meter gan? tolong di bantu ya gan thanks :)

    BalasHapus
  23. Gan nanti klo lelenya sudah ukuran 2bulanan gtu perlu pemisahan sesuai ukuran ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung, kalo ane sortir ane lakukan pas panen aja supaya mengurangi kerjaan sama mengurang stress di lelenya

      Hapus
  24. Askum gan maf nh mo tnya..klo buat kolam ikn patin sma ga dsain nya?tolng yh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane belom pernah coba buat kolam patin. tapi menurut ane konstruksi kolam sama aja ko gan

      Hapus
  25. gan, mau tanya kalau buat pemula lebih aman nyoba berapa banyak bibit ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1000 ekor dengan ukuran kolam 2x5

      Hapus
    2. 1000 ekor itu sampai masa panen mas....??
      Makasih atas jawabannya, baru pemula. Jd blm tau...

      Hapus
  26. assalamualikum..
    mas,kalo bikin kolam didalam ruangan bisa ga yah?
    terus ngefek sama pertumbuhan mr.lele ga??
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, namun tidak disarankan, lele membutuhkan Sinar matahari untuk hidup optimal

      Hapus
  27. cara untuk mengukur terpal agar sesuai dgn ukuran kolam itu gymn mas apa ada rumsnya
    ukuran terpal ummnya pxl

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang gan, caranya:
      untuk panjang= panjang kolam + (tinggi kolam x 2),
      untuk lebar= lebar kolam + (tinggi kolam x 2),

      misal untuk kolam pxlxt : 2x5x1 meter maka
      panjang: 5 + (1x2) = 7
      lebar: 2 + (1x2) = 4

      jadi terpal yang dibutuhkan untuk membuat kolam terpal ukuran 5x2x1 meter adalah terpal ukuran 4x7 meter

      Hapus
  28. mantap info ny mas.. trimakasih atas pencerahan nya.. skalian sharing buat para peternak urban/pake google.. yg expert & pemula..

    sedia bibit azolla bandung - jawa barat

    kegunaan azolla :
    - penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
    - pakan alternatif alami ikan gurame, nila , mas, koi, lele, belut, patin dll
    - pakan alternatif ayam pedaging + petelur, bebek, entog, ayam adu
    - pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit /kemarau
    - bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut
    - sebagai pengurai air limbah dan lahan kritis berair misal : bekas galian c, air TPA sampah,

    kolam pemancingan
    - penstabil keasaman air / PH terutama kolam terpal, bak semen, toren cor tebar padat
    - kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

    salam hijau dan kembalikan tanah & air kita sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia

    WHAT APPS / TELP / SMS PASTI DIBALES : 0896 3650 3911

    BalasHapus
  29. untuk kolam terpal diatas permukaan tanah gmn penanganannya gan??

    BalasHapus
  30. supaya air jadi hijau gimana mas?? maaf pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. di blog sudah dibahas, silahkan baca-baca postingan d blog ini

      Hapus
  31. apakah kolam di beri media tanah terlebih dahulu tks..

    BalasHapus
  32. mas, bagaimana cara membuat probiotik untuk lele

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Blog ini sudah saya berikan caranya, silahkan cek ada roter, ada juga proiotiklainnya. silahkan di cek di postingan lama

      Hapus
  33. mas, saya mau tanya...
    kalo kolam
    p= 2,5m
    l= 1,5m
    t=1,5m
    ukuran tebar bibitnya berapa ya mas?
    trus yang ukuran berapa?
    sma tinggi airnya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya apakan pemula atau sudah pernah budidaya lele sebelumnya?

      Jika pemula, sayasarankan isi dengan 450 ekor dengan tinbgi air 120cm

      Jika sudah pernah budidaya sebelumnya, bisa diisi dengan 900-1000 ekor

      Hapus
  34. assalamualaikum......salam kenal min ane ipan pendatang baru di budidaya lele sangkuriang.....mohon ijin untuk minta ilmunya......mksh

    BalasHapus
  35. gan ane mau nanya, lele ane pada gantung abis ke ujanan knp ya ? trus kok airnya berubah jadi kaya merah abis k ujanan...apa berpengaruh sama lelenya ? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama lele gak bermasalah/sehat gak masalah. kalau lele menggantung sesudah hujan, memang seperti itu karena lele biasanya stres pada saat hujan.

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Pak pembesaran lele di air payau bisa ga?..soalnya tanah saya 3 km dekat air laut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah coba pak, maaf gak bisa ngasih saran

      Hapus
  38. assalamualaikum gan, saya salut dengan blog agan ini.
    saya join ke group FB kok ngga di accept ya gan?hehehe

    saya newbie mau peruntungan di dunia lele sangkuriang ini gan, mohon bantuannya please.

    1. bagaimana cara mengukur ketinggian air di kolam terpal gan?
    semisal ukuran kolam P5, L2,T1,5.
    nah itu ketinggian airnya berapa gan ya?
    2.cara membuat buangan air itu gimana gan, kurang faham saya?hehehe

    terimakasih sebelumnya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf, jarang ol belakangan ini.
      1. tinggi kolam 1,5, tinggi air 1,2
      2. cara membuat buangan itu maksudnya membuat saluran pembuangan air, bisa menggunakan paralon dll.

      Hapus
    2. alhamdulilah kolam saya sudah jadi gan.
      terus ini saya sudah saya kasih teh celup, selama 7 hari air menjadi merah. kok airnya tidak menjadi hijau ya gan? tapi teh celupnya ngga ane kasih garam gan.

      Dan kemarin saya ke toko pakan ikan gan, saya nanya pakan tenggelam kok tidak ada ya? atau nama lain pakan tenggelam itu apa gan?

      saya membaca buku, aturan pakan itu 30% untuk hi pro vate yg 181-1, 181-2, 181-3. untuk pakan yg apung.
      nah katanya sisanya itu pakai pelet yg tenggelam.
      sedangkan di toko pakan ikan di kota saya adanya pakan apung yg hi pro vate 182 gan. itu sebaiknya bagaimana ya gan ya?

      terimakasih solusinya mas agan yg berbaik hati huehehehe

      Hapus
    3. Mas kolam saya yg airnya merah ini gimana ya? Apa perlu saya tambahkan probiotik? Atau garam?
      Agar warnanya jadi hujau?

      Apa bisa juga air yg merah ini saya tebarkan bibit lele?
      Please help gan,secepatnya ditunggu terimakasih

      Hapus
    4. air kemerahan setelah teh celup gak masalah, nanti air akan berubah menjadi hijau jika sudah dimasukan benih lele.

      Untuk pakan, merek bebas yang penting proteinnya 30% up. begitupun untuk pakan tenggelam. yang biasanya tersedia dari merek shinta.

      Hapus
    5. O iya satu lagi. perhatikan kolamnya, jika sudah banyak jentik2 nyamuk ayai binatang kecil lainnya (seperti kutu air) berarti air gak masalah dan siap tebar. karena di beberapa kasus memang terjadi demikian ada yang berubah hijau, kemerahan, kehitaman.

      Hapus
  39. Selamat Sore Gan, saya newbie mau tanya nih :
    1. Kolam lele harus menggunakan terpal apa yg recomend..?
    2. Saya mau bikin kolam PxLxT 3x1x1, dan kira" berapa tinggi air nya..?
    3. saya mau bikin kolam di luar kalau hujan gimana ya gan, atau saya bikin atap..?
    4. Ada pin bb gan...?
    5. apa makanan recomend kalau mulai dari bibit sampai dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. merek bebas selama ketebalannya sesuai (tipis terbal terpal disesuaikan dengan rangkanya)
      2. tinggi air sekitar 80cm
      3. gak perlu, buat saja sistem pembuangan yang baik untuk mengantisipasi air meluber
      4. ada, cek via facebook
      5. pelet, alternatif cacing tanah, sosis reject (bukan yang kadaluarsa)

      Hapus
    2. Ass.maaf mau nanya saya masih pemula klw bibit lele 400 ekor terpalx harus p..x l...x ..t.. brp trus kedalam airx harus brp cm.tks..

      Hapus
  40. Mas kalau kolam terpalnya diatas dak rumah ikanya tahan gak ya? Karna suhu panas kena sinar matahari langsung pagi-sore.
    Atau perlu ditambahkan atap sprti asbes/seng supaya g terlalu panas? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya daknya kuat gak? bobot air luar biasa berat, kalau ikan selama kedalaman kolam sukup gak masalah

      Hapus
  41. Wah...saya mau coba ah... trimakasih ilmunya gan...

    BalasHapus
  42. Wah...saya mau coba ah... trimakasih ilmunya gan...

    BalasHapus
  43. Wah...saya mau coba ah... trimakasih ilmunya gan...

    BalasHapus
  44. Saya mau tanya kang!!!! Kalau ukuran kolam 3x5 meter kedalaman 1 meter!! Kira2 tebar lele uk. 5-7 bisa 2000 ekor gk ya!!! Trus yg paling bgus pelletnya pakai yg apa ya!!! Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kang, pelet yang saya biasa pake 781 dari cp pertiwi, atau preo dari matahari sakti

      Hapus
  45. Ada vitamin kusus ngak gan??

    BalasHapus
  46. Mas kalo untk kolam ukuran 6mx10m..baik nya di tabur bibit berapa ekor ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kedalaman air < 1m, bisa tebar 6-7rb

      Hapus
  47. Permisi gan .. Mau tanya untuk pengisan air pada kolam terpal ukuran 1,5m x 1,5m x 1m berapa banyak gan dan juga Bibit ikan lelenya berpa ekor.. Terima kasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. airnya usahakan minimal 80cm, ikannya paling hanya 400 Max

      Hapus
  48. Dan bagai mana cara pembuatan kolam ikan terpal yg memakai metode drain.. Apakah agan punya artikel untuk pembuatanya.

    BalasHapus
  49. Artikelnya sudah saya buatkan, pada dasarnya pembuatannya sama dengan cara ini http://komunitas-lelesangkuriang.blogspot.co.id/2014/08/panduan-membuat-kolam-bulat-bundar-dengan-rangka-wiremesh.html, hanya bentuknya saja yang beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan saya punya kolam ukuran 2x5x1.mau saya masukkan bibit lele ukuran sekilonya 30 ekor..itu kira2 harus brpa ratus ekor yg di tebar..mkasih

      Hapus
  50. Gan, ane udah gali tanah sedalam 60cm, rencana tingginya 150cm. Nah yg ane tanya klo buat saluran pembuangnnya gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibuat saluran dari paralon ke tempat pembuangan

      Hapus
  51. O iya, ada grup untuk budidaya ikan nila nggak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nila saya pelihara, cuma gak punya grupnya hehe

      Hapus
  52. gan,...?? saya pemula di bidang budidaya ikan lele
    ini... saya punya kolam terpal PxLxT = 3,4x3,1x2 (m)
    saya bingung mau di isi lele berapa? terus kedalaman air-nya berapa?

    MOHON PENCERAHANNYA ........

    BalasHapus
  53. Ass..
    Gan, saya baru mau ternak lele,dengan sistem Longyam, apakah hal pokok yang perlu diperhatikan untuk lele di bawah kandang ayam..?
    Mohon sarannya,

    terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah coba pakai sistem longyam, jadi tidak bisa kasih saran, Maaf

      Hapus
  54. q ini mau mencoba membuat tp sy perempuan klo sapa2 yg tau org yg bisa membuat tlong kasih infonya.coz sy mau coba tuk budidaya lele.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja, usaha tidak dibatasi pada jenis kelamin ko hehe

      Hapus
  55. Gan saya baru mau bikin kolam, tanah saya sudah gali 30cm.. Pinggiran'nya kolammnya atau tingginya sudah saya susun batu bata hebel setinggi 50cm berbentuk kotak.
    Ukuran kolam 2x4
    Ini butuh terpal ukuran berapa ya ?

    Terus saya mau masukkan bibit ikan lele dan nila (kira bagaimana kalau dicampur?)

    Karena saya mau coba sistem AKUAPONIK. Mohon pencerahannya terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicampur sal kepadatannya diturunkan 30-40 ekor /meter

      tinggi air berapa?

      Hapus
    2. Ukuran kolam 2x4, Dari dasar sampai keatas itu tingginya 80cm, kira² berapa ya air yg harus di isi ?

      Trus saya harus beli terpal yg ukuran berapa ya gan ?
      Anggap saja kolam saya 2x4x1
      Lalu terpal merek apa yg bagus gan ? Terimakasih

      Hapus
    3. bisa diisi sampai 60-65cm

      ukuran terpalnya 4x6 m

      untuk merek tergantung, biasanya yang bagus merk sakura

      Hapus
  56. Gan saya mau tanya untuk pemula ternak lele untuk ukuran kolam bulat ukuran d2.5x1 di isi benih brp dan ketinggian air brp gan ? Terimakasih

    BalasHapus
  57. bang ..gmn cara ganti air nya? kalo kolam terpal nya gk ad pembuangan
    Mohon infonya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air Disedot Pake Pompa, Kalo saya walaupun kolam terpal saya buatkan pembuangan

      Hapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. Gan bener2 pemula banget neh sy..
    Sy baru mw mulai u/buat kolam terpal rencana hanya menggunakan bahan2 yg ada dirumah hasil bekas bongkaran berupa kayu/balok reng&kuda2.. tp gak pake bambu.. Gmn menurutnya gan. Sy bener2 br memulai.. Tp sepertinya sy salah pada saat membeli terpal krn bener2 pemula sy sempat membeli terpal biru uk.2x3m, maaf biar bs digunakan sy sebaiknya membuat kolam ukuran yg gmn ya gan? Kemudian bibit yg disiapkan kira2 brp untuk penggunaan kolam dimaksud sembari menunggu kolam yg lebih besar lg yg bs sy buat. Mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau warna terpal tidak masalah, paling kalau dengan ukuran 2x3 bisa jadi kolam 1x2 dengan tinggi 50cm

      Hapus
  61. Gan saya punya kolam penampungan air (gali) dari dapur dan kamar mandi L3 x P4 x T3, bisa di isi sama bibit lrle ngak, kalo bisa berpa banyak bibit lele nya dan perhari nya berapa kg kasi pakan buat lele. Trimks...

    BalasHapus
  62. Gan mau tanya klo kolam ikan nila sama aj kah pembuatan nya

    BalasHapus
  63. Gan klo kolam L×P×T 1,2×2×1 muat berapa bibit ikan nila am merek terpat yang bagus am irit ongkos apa gan mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  64. Gan sambungan terpal gimana?, karna kan rentan bocor

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang segede apa kolamnya gan koq bosa ada sambungan? saya kalo beli jarang ada sambungan gan

      Hapus
  65. gan bisa minta perhitungan biaya?

    1.Saya mau buat 3 kolam terpal ukuran 2x3x1, kira2 biaya membuat kolam (memakai 1 orang pekerja), pembelian benih & pakan berapa ya?
    2. Lalu perhitungan secara kasar aja, laba yg akan diperoleh dari 3 kolam.
    3. Berapa lama waktu yg diperlukan sampe bisa dipanen? apa bisa perbulan dipanen, atau per 2 bulan, atau brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pembesaran ya?
      1. untuk 3 kolam terpal a6 (360.000), bambu (120.000) bahan lain (paku, dll) (100.000) pekerja 7 hari x ......., silahkan di total

      2. kurang lebih 400-600/siklus

      3. tergantung sistem dan teknik yang digunakan serta bibit yang ditanam

      Hapus
  66. Asalamualaiku...
    Saya kan masih pemula dan belum tau betul ternak lele...
    Kalo kolam 3x4 berapa benih yang bisa di tebarkan...?
    Dan pakan buat lele yang baru di tebar jenis nya apa gan?
    Terima kasih...salam sukses

    BalasHapus
  67. Asalamualaiku...
    Saya kan masih pemula dan belum tau betul ternak lele...
    Kalo kolam 3x4 berapa benih yang bisa di tebarkan...?
    Dan pakan buat lele yang baru di tebar jenis nya apa gan?
    Terima kasih...salam sukses

    BalasHapus
  68. Gan mau Tanya ini. Klo kolam saya kan 6x4x1 . Untuk ukuran terpal yg pas sesuai rumus agan yaitu 8x6.
    Terus untuk ketinggian air nya brapa gan ?? dan untuk terpal . Klo pake yg murah apa gak pengaruh ke ikan . Sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  69. Gan mau Tanya ini. Klo kolam saya kan 6x4x1 . Untuk ukuran terpal yg pas sesuai rumus agan yaitu 8x6.
    Terus untuk ketinggian air nya brapa gan ?? dan untuk terpal . Klo pake yg murah apa gak pengaruh ke ikan . Sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  70. Asalamualaikum
    Ada yg tau jual kolam terpal di bandung ? Butuh cepat ingin mulai ternak . Kalo ada langsung kontak 089688753310

    BalasHapus
  71. Asalamualaikum
    Ada yg tau jual kolam terpal di bandung ? Butuh cepat ingin mulai ternak . Kalo ada langsung kontak 089688753310

    BalasHapus
  72. Gan terpal bisa tahan berapa lama gan mksudnya berapa kali panen atau berapa bulan gitu

    BalasHapus
  73. Gan terpal bisa tahan berapa lama gan mksudnya berapa kali panen atau berapa bulan gitu

    BalasHapus
  74. gan klo terpal ukuran 8x12 bersih jdi kolam pada umumnya brapa.....?

    BalasHapus
  75. Selamat siang gan saya masih pemula, saya mw bertanya utk kolam berukuran 2x4x1 itu benihnya brp gan ?? Trua airnya brp cm idealnya gan ?? Klu ada nomer hp agan, saya minta gan, saya mw konsultasi gan.

    BalasHapus
  76. Gan untuk pembesaran sebaiknya pilih bibit ukuran brp cm.. terpal saya ukuran 3x5.??

    BalasHapus
  77. gan,,ane mau tanya klo ane mau buat kolam trpal bagusnya yg bentuknya kaya gimana .....bulat apa yg gmna....
    mohon di jawab

    BalasHapus
  78. gan,,ane mau tanya klo ane mau buat kolam trpal bagusnya yg bentuknya kaya gimana .....bulat apa yg gmna....
    mohon di jawab

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya