Utama » , , , , , , » Skema Pembuatan Kolam Beton untuk Lele Sangkuriang

Skema Pembuatan Kolam Beton untuk Lele Sangkuriang

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Senin, 04 November 2013 - Diupdate Pada: Senin, November 04, 2013

Mungkin anda sudah pernah membaca tentang Panduan Membuat Kolam Terpal Lengkap, nah kali ini kita akan membahas tentang skema pembuatan kolam Beton untuk Lele Sangkuriang. membuat kolam beton tentu berbeda dengan kolam terpal. Karakteristik bahan dan juga alat yang digunakan tentu berbeda. Membuat kolam beton lebih mudah jika dibandingkan dengan kolam terpal, namun biaya yang diperlukan juga tentu sedikit lebih mahal. Namun Jika memang kita memiliki sumber dana yang cukup, tidak ada salahnya untuk membuat kolam beton, sebagai kolam pembesaran lele sangkuriang.

Berikut adalah gambar skema kolam beton yang bisa digunakan sebagai panduan ketika akan membuat kolam beton. Sistem pembuangan air kolam yang terdapat dalam skema sedikit banyak bisa membantu mengatasi masalah air hujan yang sifatnya asam yang berada di atas permukaan air kolam dan endapan kotoran di dasar kolam yang airnya banyak mengandung amoniak akibat dari kotoran ikan, pakan tersisa yang tidak termakan, ataupun zat-zat organik lainnya yang bisa berpotensi menjadi racun berbahaya. 


Dengan teknik ini, pengurasan, dan pembersihan kolam bisa dilakukan dengan mudah. selain itu juga bisa melakukan pengontrolan tinggi serta kualitas air kolam dengan cukup mudah.

Idenya saya adaptasi dari teknik Central drain, Central drain merupakan saluran yang memanfaatkan grafitasi untuk mengumpulkan segala endapan organik sisa pakan dan feses ikan dan kemudian dihisap keluar ketika saluran pembuangan dibuka. 

Semoga bisa bermanfaat dan memudahkan pembudidaya dalam pembuatan kolam beton.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

3 comments:

  1. Terima kasih banyak! Sangat membantu sekali dalam mengerjakan tugas saya :")

    BalasHapus
  2. Bagus juga buat ke 100 kolam baru

    BalasHapus
  3. http://bagusaquaticfarm.com/ Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kami melayani pembelian eceran maupun partai dan siap kirim sampai lokasi. Kami memiliki karyawan professional dan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email