Utama » , , , , , , , , , , , , » Beberapa jenis penyakit lele sangkuriang dan penangananya secara alami

Beberapa jenis penyakit lele sangkuriang dan penangananya secara alami

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Sabtu, 07 September 2013 - Diupdate Pada: Sabtu, September 07, 2013

Untuk dapat mengatasi penyakit pada lele dapat dilakukan dengan berbagai cara, tapi sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di alam atau disekitar lingkungan kita (Alami), selain lebih murah dan mudah didapat, penggunaan bahan alami relatif lebih aman, baik untuk lele maupun untuk lingkungan sekitar.

Beberapa cara penanggulangan penyakit lele dengan bahan alami :

Radang usus.

Penyakit lele ini biasanya menunjukkan gejala lele akan terlihat berdiri tegak dan bagian kumisnya menyembul di permukaan air. Cara mengatasi/ penanggulangannya dapat dilakukan cara menggunakan buah mengkudu yang sudah masak, caranya buah mengkudu yang sudah masak lalu masukkan pada kolam lele yang sakit, untuk ukurannya serta banyaknya mengkudu disesuaikan saja dengan besaran kolam, misalnya untuk kolam ukuran 2×4 cukup dgn 1 atau 2 buah mengkudu.

Radang Insang.

Ciri-cirinya adalah insang lele yang memerah. Cara mengatasi/penanggulangan dilakukan dengan cara menggunakkan daun sirih dan daun pepaya. Caranya, ambil 10 lembar daun sirih dan 10 lembar daun pepaya segar, lalu rebus dengan 1 liter air (1 gayung) biarkan mendidih sampai  air susut menjadi tinggal 1 gelas. Setelah itu larutkan hasil rebusan air yang 1 gelas tadi dgn 10 gelas air bersih, hasil campuran inilah yang dapat digunakan, tebarkan larutan ini secukupnya pada permukaan air kolam yg terkena penyakit, dosis harus disesuaikan dengan luas kolam.

Asam lambung.

Tanda-tandanya adalah akan terlihat kembung karena berisi gas/angin dan cairan. Cara mengatasi/penanggulangannya seperti penanggulangan pada penyakit radang insang.

 Penyakit  jamur/radang kulit. 

Ciri-cirinya pada kulit lele akan terlihat bercak-bercak putih, atau jika yg sudah parah kulitnya seperti terkelupas. Cara mengatasi/ penanggulangannya bisa menggunakan ramuan seperti pada penanggulangan pada penyakit radang insang namun agar khasiat ramuan lebih efektif, sebaiknya ikan lele yg sakit direndam dlm baskom yg telah diisi dgn ramuan tersebut. jika jumlah ikan lele yang sakit banyak, penanggulangan penyakit lele dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini :
  1. Kuras air kolam 50%
  2. Siapkan tempat untuk menampung ikan yang akan diobati, isi dengan ramuan daun pepaya dan sirih (yg telah dicampur dgn air bersih 10:1)
  3. Masukan ikan lele  ke dlm tempat penampungan. Waktunya disesuaikan saja, namun jangan terlalu lama, jika ikan lele terlihat sudah megap-megap, berarti sudah cukup.
  4. Kembalikan ikan lele ke dalam kolam. Kemudian tambahkan air kolam seperti volume awal, sebaiknya gunakan air yg berkualitas baik yaitu sudah dikompos atau air yang sudah melalui proses persiapan untuk air kolam.
  5. Untuk membantu proses penyembuhan, boleh menebar cairan ramuan tersebut ke dalam kolam, ditambah dengan memasukan buah mengkudu yang sudah masak.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

2 comments:

  1. Bagus sekali artikelnya, terimakasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk penanganan penyakit pengobatan lele lainya lengkap.

      https://www.facebook.com/notes/news-tv/mengatasi-penyakit-dan-pilihan-obat-pada-ikan-lele/886070954833367

      Hapus

Cari Artikel Budidaya