Utama » , , , , » Grading atau Penyortiran, langkah untuk Mengoptimalkan Produksi Lele

Grading atau Penyortiran, langkah untuk Mengoptimalkan Produksi Lele

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Minggu, 08 September 2013 - Diupdate Pada: Minggu, September 08, 2013

Sebagus apapun kita memperlakukan ikan dalam tahapan budidaya, pasti pertumbuhan ikan tidak akan sama semua. ada yang tumbuh bongsor, ada juga yang telat pertumbuhannya. untuk itu agar produksi lele sangkuriang yang hasilkan optimal. maka diperlukan grading atau penyortiran.  

Gambar dari youtube
Pada budidaya ikan lele terdapat tahapan seleksi bibit pada setiap interval waktu tertentu. Di kalangan para pembudidaya ikan, aktivitas ini dikenal dengan istilah grading up (penyortiran).

Caranya adalah dengan memisahkan bibit ikan leles ecara berkala menjadi beberapa kelompok berdasarkan ukurannya. Seleksi bibit ini pada dasarnya memang perlu dilakukan agar tercapai tingkat keseragaman ukuran (sesuai umur ikan).

Grading atau Penyortiran berpengaruh terhadap efisiensi pakan.dari hasil penyortiran diketahui jenis pakan yang paling tepat sesuai umur dan ukurannya sehingga bisa mempercepat pertumbuhan. Nah misalkan satu kolam diperkirakan ukurannya 2 – 3 cm, lalu hanya diberi pakan untuk ukuran ikan kecil saja. Atau kita juga bisa menentukan ukuran panen lele sesuai dengan yang diinginkan konsumen.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

0 comments:

Posting Komentar

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email