Utama » , , , , , , , , » Cara mudah membersihkan Kolam terpal

Cara mudah membersihkan Kolam terpal

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Senin, 09 September 2013 - Diupdate Pada: Senin, September 09, 2013

Membersihkan kolam dari sisa-sisa pakan, maupun kotoran ikan dengan cara menyedot/membuang kotoran yang mengendap di dasar kolam terpal, wajib dilakukan pembudidaya kolam terpal untuk mengurangi konsentrasi Amonia dan Nitrit yang ditimbulkan oleh penumpukan kotoran ikan dan sisa pakan di dasar kolam terpal.

Pembersihan kolam terpal harus dilakukan secara teratur. Pada pembesaran lele kolam terpal misalnya, pembersihan kolam harus dilakukan minimal 20-30 hari sekali. Untuk memudahkan kita dalam melakukan pembersihan kolam terpal, kita bisa membuat alat pembersih sederhana menggunakan selang air yang ujungnya disambung dengan pipa pralon berbentuk T yang telah dilubangi. Jadi nantinya cara kerjanya mirip dengan mesin penyedot debu. 



Bagian selangnya nanti disambungkan ke mesin pompa air untuk dilakukan penyedotan, kemudian penyaringan air, dan air bisa langsung dikembalikan kedalam kolam.

Cara Membersihkan Kolam Terpal Ukuran Kecil

Untuk kolam terpal yang berukuran kecil, pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan selang air. Pada ujung selang yang akan dimasukkan ke kolam disambung dengan pipa pralon berbentuk T yang sebelumnya telah dilubangi di banyak tempat. Masukkan ujung selang ini hingga mencapai dasar kolam.

Sedangkan ujung selang satunya diletakkan di tempat yang lebih rendah dibanding dasar kolam. Sedot ujung selang hingga air mengalir. Selanjutnya biarkan gravitasi yang akan membantu mengalirkan air keluar kolam.

Kemudian gerakkan ujung selang satunya yang sebelumnya telah anda masukkan ke dalam kolam. Gerakkan secara perlahan dan hati-hati ke seluruh bagian dasar kolam  hingga air yang keluar tidak lagi mengandung endapan kotoran. Persis sama ketika kita pake vacum cleaner dirumah (Coba tanya sama ibu, kakak, atau istrinya bagaimana cara menggunakan vacum cleaner kalo belum pernah hehe).

Setelah pembersihan selesai dilakukan, Lakukan penggaraman dengan dosis 1 ons/m3 untuk mencegah masuknya bibit penyakit melalui air baru.

Cara Membersihkan Kolam Terpal Ukuran Besar

Cara membersihkan kolam terpal berukuran besar pada dasarnya sama dengan cara pembersihan untuk kolam terpal kecil. Hanya saja untuk mempercepat proses, kita bisa menggunakan selang dan pralon yang berukuran lebih besar. Selain itu gunakan mesin pompa air atau mesin diesel untuk menyedot air keluar kolam.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat, Amiin

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

11 comments:

  1. Ukuran lubang pipa paralon kira kira seberapa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diberikan lubang dengan diameter 0,5-1 cm tergantung besar paralon yang digunakan

      Hapus
  2. dalam pembersihan kolam terpal itu sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya pagi dibawah jam 7, jadi ada jeda waktu 2 jam sebelum dikasih pakan jam 9. Proses pembersihan jangan terlalu lama supaya lele tidak stres

      Hapus
  3. setelah kolam dibersihkan dan diganti air baru, perlu dilakukan pencelupan pupuk lg atau g yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung air penggantinya, usahakan air penggantinya adalah air yang sudah di komposkan

      Hapus
  4. Manakah yang lebih baik menyaring atau mennganti air pada kolam terpal pembesaran.....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sumberdaya air, kalau memang terdapat sumber air bersih melimpah, ganti air saja, lebih mudah lebih aman, kalau memang sumber air bersih kurang tersedia, penyaringan lebih diutamahak

      Hapus
  5. terimah kasih atas infonya......

    BalasHapus
  6. Apakah perlu diberi tosen bagian bawahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tosen tu apa gan, ane gak tau tu barang apaan hehe

      Hapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email