Utama » , , , , , , , , » Langkah-langkah Pemijahan Buatan dengan cara Streeping (Pengurutan)

Langkah-langkah Pemijahan Buatan dengan cara Streeping (Pengurutan)

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Kamis, 30 Januari 2014 - Diupdate Pada: Kamis, Januari 30, 2014

Satu lagi postingan menarik di KLS, member-member kls memang tidak sungkan-sungkan dalam berbagi ilmu. berikut adalah postingan tentang Langkah-langkah Pemijahan Buatan dengan Cara Streeping (pengurutan) dari agan Rudi Raisya.

Analisis, Artikel, Cacing, Sutra, Fakta, Data, Kisah, Sukses, Lele, Sangkuriang, Panduan, Tips, Trik, Pembenihan
Assalamualikum Wr.Wb.
Para aganagan KLS Berikut saya jabarkan proses pemijahan secara Buatan Streeping (pengurutan). langsung aja ya gan.

Bismilahirrahmanirrahiim
Pemijahan secara buatan yaitu perlakuan pemijahan. pembuahan dilakukan oleh campur tangan manusia. proses pengeluaran telurnya menggunakan proses streeping (pengurutan). Untuk Keberhasilan Pemijahan ini sangat ditentukan oleh tingkat kematangan gonad induk yang benarbenar siap untuk dipijahkan agar benih yang dihasilkan berkualitas.

A. Pemilihan Induk

a. Ciri-ciri induk lele Betina yang saya alami
  • Lihat dari alat kelamin warnanya kemerahan dan tampak agak membesar. Bagian perut tampak membesar ke arah anus, jika diraba terasa lembekJika bagian perut secara perlahan diurut ke arah anus, akan keluar beberapa butir telur berwarna kekuningkuningan berukuran relatif besar. Tapi jangan terlalu keras mengurutnya kasihan nanti indukannya.
  • Dilihat dari pergerakannya agak lambat dan tidak terlalu agresif

b. Ciri-Ciri Induk Jantan yang saya alami
  • Alat kelamin tampak jelas dan lebih runcing di ujungnya kelihatan warnanya kemerahan
  • Apabila di urut akan keluar cairan putih kental seperti (ingus)
  • Warna tubuh agak kemerahmerahan
  • Tubuh ramping, gerakannya lincah.

B. Proses Streeping dan Pembuahan

1. Alat dan Bahan
a. Alat
  • Bak Permanen/Aquarium
  • Mangkok/Baskom
  • Gunting
  • Timbangan
  • Tissue
  • Bulu Ayam
  • Kakaban / Atau Bisa juga pakai nampan
  • Spuid (Suntikan)
  • Ember
  • Serokan Induk
  • Golok
  • Lap/Handuk

b. Bahan
  • Ovaprim
  • Aquades / Aqua Gelas. (tapi yang bagus di pakai aquades)
  • Induk Jantan
  • induk Betina
  • Larutan NaCl (Natrium Clorida/ Larutan Infus)

c. Cara Kerjanya

  1. Siapkan Alat dan Bahan yang diperlukan terlebih dahulu
  2. Lakukan pemilihan induk sesuai dengan kriteria 
  3. Setelah induk terpilih lakukan penimbangan ( tujuannya agar mudah menentukan dosis Hormone yang akan digunakan.
  4. Setelah ditimbang lakukan perhitungan dosis hormon yang akan disuntikan, (saya biasa pakai dosis. Ovaprim 0.3ml/Kg. dan Aquades 1ml/kg. aquades fungsinya mengencerkan ovaprim.
    setelah dosis didapat lakukan penyuntikan induk jantan dan betina disuntik sesuai dengan dosis. letak posisi penyuntikan di bagian punggung dengan kemiringan 45derajat. usahakan larutan ovaprim yang ada di spuid tidak ada gelembungnnya. penyuntikan dilakukan bisa malam hari atau pagi hari jam 05.00. sebaiknya lakukan penyuntikan pada pagi hari tujuannya pada waktu streeping bisa dilakukan pada siang hari.
     
  5. Setelah disuntik masukkan induk tersebut ke ember secara terpisah antara induk jantan dan betina dan biarkan selama kurang lebih 810 jam.
    sekitar 8 jam induk di cek tingkat ovulasinya. apabila di dasar ember terlihat ada telur berarti induk siap di streeping (di urut) untuk mengeluarkan telur. apabila 8 jam masih belum terlihat adanya telur di dasar ember bisa dilakukan pengurutan ke arah anus kalau keluarnya lancar berarti sudah siap.
    setelah betina siap
  6. Lakukan pembedahan induk jantan untuk di ambil spermanya, selanjutnya sperma dicuci dari darah menggunakan NaCL. lalu di lap menggunakan tissue.
    lakukan pengguntingan atau dicacah lalu tampung di mangkok sambil di encerkan menggunakan NaCL 100ml. (catatan Tangan basuh terlebih dahulu dengan larutan NaCL supaya steril dari air. mangkok juga harus kering jangan ada air.)
  7. Ambil induk betina Lakukan Proses Streeping Untuk dikeluarkan telurnya tampung pada mangkok atau baskom. untuk memegang induk agar diam pakai handuk setengah kering. lakukan pengurutan sampai telur habis. ( catatan apabila pengurutan tidak lancar jangan dipaksakan itu bisa mengakibatkan keluar darah. )
  8. Setelah telur siap dibuahi sperma. masukan Sperma yang ada pada mangkok tadi kepada mangkok atau baskom yang sudah berisi telur. aduk hingga rata menggunakan bulu ayam secara perlahan.
    setelah merata telur di tebar di bak/ aquarium yang sudah berisi kakaban atau jenis lainnya yang bisa dipakai untuk menempel telur. untuk penebaran telur jangan sampai menumpuk kalau menumpuk dapat menghambat proses penetasan.
  9. Telur akan menetas selam 24 jam30 jam tergantung pada suhu air.

Sekian Dulu gan informasi yang bisa saya berikan untuk kekurangannya mohon ditambahkan untuk yang lebihnya jangan di kurangi. hasil karya Rudi Raisya. saya membutuhkan kritik dan saran

Semoga bermanfaat
Wassalamualikum Wr.Wb

Kunjungi artikel ini langsung di KLS. 

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

17 comments:

  1. bgmn dg suhu penetasan n mb yg dignakan u mjaga kulitas penetasan telr gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah jangan ada perubahan suhu yang drastis pada kolam

      Hapus
  2. gan maau nanya telur lele sangkuriang saya kog pada siang hari telurnya banyak yang memutih, padahal pada pagi hari semua warna telurnya bagus dan sedikit yang berwarna putih.

    penyebabnya apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm, kemungkinan karena tidak masak atau tidak dibuahi, namun bisa juga disebabkan karena perubahan suhu yang drastis, atau juga bisa karena suhu yang tidak sesuai untuk perkembangan telur

      Hapus
    2. suhunya harus stabil ya gan, kemaren saya ukur suhunya jam 5 pagi 24 derjat, jam 11 pagi 27 derjat dan jam 2 siang 31 derjat lalu turun lagi.
      apa karna suhu yang seperti ini menyebabkan telur tidak menetas ya gan?

      Hapus
    3. NAe rasa, suhunya gak terlalu ekstrim perubahannya. Sebenarnya ada banyak faktor sebenarnya, namun yang sering terjadi adalah telur tidak/gagal dibuahi.

      Hapus
    4. jadi kemungkinan besar indukan jantan yang kurang bagus ya gan ,.,

      terima kasih gan atas pencerahannya,.,
      sukses selalu.

      Hapus
    5. kalau telur yang tidak di buahi biasanya pada pagi hari langsung kelihatan g' gan?

      Hapus
    6. biasanya pagi hari langsung keliatan,

      Hapus
  3. Gan, ane izin search & download artikelnya, mau belajar pemijahan nee...makasih ya...

    BalasHapus
  4. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan OVAPRIM 10ml untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  5. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan bio aqua untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau orangnya baik ini nomor beliau 082250546417 atau klik UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    BalasHapus
  7. Halo mohon informasi dimana saya bisa membeli ovaprim dan aquades ? Trim

    BalasHapus
  8. Halo mohon informasi dimana saya bisa membeli ovaprim dan aquades ? Trim

    BalasHapus
  9. Saya ada ovaprim, sindel canada. Includ NaCl, oquabides.
    Harga 275.000

    BalasHapus
  10. 085799444333 atau 086227659191

    Siap antat jawa dan luar jawa.

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email