Utama » , , , , , , » Solusi Pakan Mahal? pakan dibibis dengan probiotik.

Solusi Pakan Mahal? pakan dibibis dengan probiotik.

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Jumat, 04 Oktober 2013 - Diupdate Pada: Jumat, Oktober 04, 2013

Judulnya Keren yah? hehe, ya abegitulah kurang lebih pesan yang ingin disampaikan si penulis pada salah satu komunitas lele sangkuriang di facebook ini. Nama Groupnya adalah FORUM APLESI (Asosiasi Pembudidaya Lele Seluruh Indonesia). 

Gambar dari
www.facebook.com/groups/komunitaslelesangkuriang
Kembali ke pokok masalahnya. Kita tau bahwa harga pakan makin hari makin tinggi/mahal. entah karena naiknya harga BBM atau apalah yang jelas kenaikan harga pakan ini menyebabkan para pembudidaya "tercekik". Hal ini disebabkan harga lele yang tidak semudah itu untuk naik.

Nah dari situlah saya rasa tips ini bisa digunakan untuk mengatasi harga pakan. Lho koq bisa? ya dengan dibibis dengan larutan probiotik yang telah di fermentasikan seperti ini, pemberian pakan bisa dukurangi tanpa harus mengorbankan pertumbuhan lele sangkuriang kita. Oke langsung saja yah.
 

Alat dan Bahan:

  1. Probiotik 1 liter (setau saya bisa diganti dengan EM4 Perikanan)
  2. Yakul 5 botol 
  3. Dedak 1 kg (dedak ini diseduh dulu dengan air panas)
  4. Vit C dan Vit B complek masing masing 50 butir
  5. Molase 2 liter atau gula 2kg
  6. Susu kental 1 kaleng
  7. Air 50 liter

Cara Pembuatan:

Masukkan dalam wadah tertutup semua bahan di atas
fermentasikan minimal 6 hari

Adapun cara pembibisan adalah dengan menggunakan setengah aqua gelas /1kg pakan

Semoga bisa menjadi manfaat bagi yang membaca ya

Sumber: FORUM APLESI (Asosiasi Pembudidaya Lele Seluruh Indonesia) facebook Group

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

15 comments:

  1. Mau tanya mas, leleku tiap setelah tak kasih makan kok beberapa saat kemudian da yang nggantung ya? gk banyak sih paling 10-20%, tp biasanya setelah 1 ja lebih lelenya masuk ke kolam lagi. apakah karena kebanyakan makan ya? trus kalo pemberian makan trus kebanyakan gitu lama-lama bisa menyebabkan kematian/penyakit pada lele tersebut? trus terang saya masih kebingungan mengenai pemberian pakan yang pas, seiring pertumbuhan lele tersebut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, itu kemungkinan karena kekenyangan, bahaya mas karena bisa menyebabkan pecah usus. Katanya temen lele itu ususnya pendek, jadi kao makan jangan kebanyakan tapi sering. dah coba cara yang ada di artikel ini: http://komunitas-lelesangkuriang.blogspot.com/2013/04/management-pakan-aturan-pemberian-pakan.html

      Hapus
  2. mas,.resep diatas kadaluarsa dalm brp hari y mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bahan-bahan alami seperti ini, usahakan gunakan sebelum 6 bulan. Memang belum ada penelitian khusus mengenai batasan kadaluarsa, soalnya sebelum 3 bulan dah abis probiotiknya hehe

      Hapus
  3. kalo probiotik M4 di ganti dengan EM4 perikanan bisa gak mas..????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud postingan diatas memang EM4 perikanan hehe, maaf kurang E nya, saya revisi segera

      Hapus
  4. Kolam saya 1.7 m,jumblah benih ukuran 3,4,5 cm dlm satu kolam 7000 ekor,Alhamdullillah sehat menjelang 10 hari lele saya bertambah ukuran 5,6,7,8 cm...sehat dan gesit,kepadstan sangat tinggi..doain aja sehat terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, semoga sukses dan sehat selalu juragan

      Hapus
  5. Pak, dengan cairan probiotik RWS apa bisa digunakan sebagai cairan pembibisan?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Pembibisan itu apa sih mas? Nyiram pakan (kualitas rendah, harga murah) gtu tho?

    BalasHapus
  7. Pembibisan itu apa sih mas? Nyiram pakan (kualitas rendah, harga murah) gtu tho?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembibisan itu penyiraman pakan pake air ati probiotik, tukuannya agar pakan menjadi lunak dan mudah d cerna

      Hapus
  8. maaf mas itu untuk lele ukuran berapa? kalo masih ukur 4 bisa ya

    BalasHapus
  9. maaf mas itu untuk lele ukuran berapa? kalo masih ukur 4 bisa ya

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email