Utama » , , , , , , » Pembuatan Magot/Belatung secara sederhana sebagai Pakan Alternatif Lele Sangkuriang

Pembuatan Magot/Belatung secara sederhana sebagai Pakan Alternatif Lele Sangkuriang

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Kamis, 05 September 2013 - Diupdate Pada: Kamis, September 05, 2013

Menurut beberapa teman yang sudah pernah mencoba, membudidayakan Maggot bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu menyediakan media tempat bertelur lalat. Hal ini ditunjang dengan beberapa fakta yang menyebutkan bahwa lalat akan dengan sangat mudah bertelur pada media yang telah disediakan dengan catatan medianya sesuai.

Nah berikut beberapa catatan yang saya dapat dari komunitas lele sebelah (saya lupa nama yang mempostkan ini, tapi mudah-mudahan jadi ladang amal buat yang mempostingkan ini, Amiin).



Pengalaman yg gampang bikin belatung yang pernah saya coba :
Bahan :
Ember/drum apa sajalah sesuai yg ada sj
Ampas tahu / kedelai 60 kg
Bubuk ikan asin 10 kg
Kotoran ayam 30 kg

Cara buat :
  1. Caranya masukkan ampas tahu sebagai bahan utama kedalam ember, lalu tambahkan air bersih dan aduk hingga rata.
  2. Kemudian tambahkan ikan asin dan kotoran ayam, lalu tutup permukaannya dengan daun pisang kering agar lalat black soldier fly mau bertelur.
  3. Tempatkan ember ditempat teduh dan terlindung dari air hujan
  4. Setelah kira-kira 2-3 minggu atau bisa saja kurang dari itu, belatung sudah siap dipanen.
  5. Caranya campurkan air pada media kultur, lalu saring untuk memisahkan media kultur dari belatung. Belatung siap diberikan sebagai pakan lele. Untuk bahan baku media kultur sebanyak 100 kg kira-kira akan dihasilkan belatung 60 -70 kg.
Perhatikan, jangan menyimpan belatung segar terlalu lama karena bisa berubah menjadi lalat. Malah jadi ternak lalat ntar hehehehe

Dalam budidaya lele, maggot akan lebih efektif jika dicampur dengan tepung ikan, dengan perbandingan 1:1. Pertumbuhan ikan lele bisa melambung sampai 2.9% per hari. Pakan maggot memberikan percepatan tumbuh 2.5% tiap harinya, kemudian tepung ikan memberikan percepatan pertumbuhan 2% per harinya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

4 comments:

  1. Ijin info gan..

    Saya sedang cari maggot dengan jumlah besar.. tolong Yang jual maggot di daerah jakarta-cibinong /sekitarnya info ya,, tolong sms harga , minimal ambil 1 ton.. 087885128008 thx

    BalasHapus
  2. Ijin info gan..

    Saya sedang cari maggot dengan jumlah besar.. tolong Yang jual maggot di daerah jakarta-cibinong /sekitarnya info ya,, tolong sms harga , minimal ambil 1 ton.. 087885128008 thx

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya