Utama » , , , , , » Lagi Pakan Alternatif lele (Magot) yang Organik dan difermentasi dengan Probiotik

Lagi Pakan Alternatif lele (Magot) yang Organik dan difermentasi dengan Probiotik

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Sabtu, 28 September 2013 - Diupdate Pada: Sabtu, September 28, 2013

Saat ini, pembudidaya memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pakan pabrikan, kondisi ini dipicu oleh tidak adanya pakan alternatif yang dapat menggantikan pakan pabrikan. Kalaupun ada, kadang kandungan nutrisinya tidak sesuai dengan pakan pabrikan.

Gambar Dari Google Images
Namun sekarang sudah ada beberapa pembudidaya lele yang menggunakan pakan buatan alami atau probiotik alami. Probiotik merupakan kumpulan mikroorganisme pendukung pertumbuhan dan kesehatan semua makhluk hidup. Sementara itu, organik berarti pencapaian kumpulan mikroorganisme tersebut dihasilkan dari bahan dasar alami, tanpa melibatkan unsur kimia. Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah sehingga seharusnya menjadi salah satu pengembangan produk probiotik.

Probiotik organik merupakan teknologi penyeimbang lingkungan hidup yang paling aman. Keunggulan apa saja yang di dapat pada sistem budi daya probiotik organik? Biaya pakan pada budi daya lele dapat mencapai 60-70% dari keseluruhan total biaya produksi. Karena itu, setiap terjadi kenaikan harga pakan sangat mempengaruhi pembudidaya lele. Cara kerja probiotik organik? Probiotik bekerja dengan cara mengontrol perkembangan dan populasi mikroorganisme “jahat” sehingga menghasilkan lingkungan tumbuh yang optimal bagi mikroorganisme “baik”. Hingga akhirnya, mikroorganisme “baik” akan mendominasi dan membuat habitat yang nyaman bagi pertumbuhan makhluk hidup di lingkungan tersebut. Kandungan mikroorganisme yang terdapat dalam starterorganik probiotik miracle green diantaranya brachybacterium, basidiomycetes, dan lactobacillus.

Lactobacillus sama seperti yang terdapat dalam salah satu produk minuman kesehatan, yang sangat berguna untuk membantu pencernaan, dalam tubuh pun ini sangat berguna membantu memperlancar serapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Lain halnya dengan brachybacterium, bakteri yang berfungsi untuk menetralisir segala jenis polutan dan kemampuannya yang luar biasa sehingga mampu mengangkat unsur logam berat. Basidiomycetes adalah jenis fungi atau jamur yang tidak merugikan bagi host yang ditumpanginya, jamur jenis ini justru membantu ekosistem lingkungan. Kehadiran dan perannya dalam mengolah nutrisi yang diperlukan dan menumbuhkan tunas serta stabilisasi tanah sangat mengagumkan. · Kepadatan kolam lebih tinggi.

Umumnya semakin tinggi kepadatan kolam, semakin lambat laju pertumbuhannya namun, dengan adanya tekhnologi probiotik organik, asupan pakan alami probiotik organik dan azolla microphilla membuat laju pertumbuhannya tetap tinggi dan kondisinya sehat, pakan tersebut memiliki kandungan asam amino esensial yang tinggi · Serangan penyakit menurun dan kematian bibit rendah.
Pemberian pakan berupa kombinasi pakan probiotik organik, azolla microphylla, dan nutrisi yang terdapat dalam air dapat menjaga ikan tetap sehat serta menurunkan tingkat kematian menjadi sangat rendah (2-3%, bahkan ada yang bisa dibawah 2%) · Lele yang dihasilkan berkwalitas. Beberapa keunggulannya adalah bobot lele lebih padat, kesat, kenyal, dan tidak ada penyusutan bobot dan selain itu daging lele lebih gurih dan tidak hancur saat di goreng ·

Cara membuat pakan organik adalah sebagai berikut:
Siapkan Bahan-Bahannya:
  • 10kg ubi jalar
  • 1kg mentimun
  • 10kg dedak
  • 1sdt merica bubuk
  • 3kg jagung giling
  • 20gram jahe, temulawak dan lengkuas
  • 10kg kepala ikan laut atau udang
  • 5 siung bawang merah
  • 1kg tomat
  • 250ml starter probiotik organik
  • 1/4 kg gula merah yang dicairkan dengan 500 cc air, dinginkan

Cara membuat
  1. Kukus ubi jalar, lalu dinginkan minimum 8jam, giling hingga halus
  2. Giling halus kepala ikan laut atau udang
  3. Ubi jalar yang telah di giling dengan dedak,jagung giling, dan kepala ikan atau udang campur hingga merata
  4. hancurkan tomat dan mentimun dengan blender masukan kedalam wadah lalu tambah dengan starter probiotik organik  dan gula merah yang telah dicairkan
  5. masukan jahe,temulawak,lengkuas,bawang putih dan merica kedalam campura diatas, aduk hingga rata.
  6. Siram campuran tomat kecampuran dedak, lalu aduk hingga rata
  7. Simpan pada kontainer tertutup pada suhu ruang. Diamkan hingga maggot berkembang biak dalam jumlah banyak dan dewasa. Saat ini,pakan dan maggot siap diberikan sebagai pakan ikan lele.
Sumber: Berbagai Sumber

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

9 comments:

  1. Untuk resep diatas itu bisa untuk pakan berapa kilo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung hasi magoot yang dihasilkan dari proses ini, hasilnya bisa berfariasi

      Hapus
  2. untuk informasi mohon di smskan ke 085608497911 trims

    BalasHapus
  3. Starter probiotiknya merk apa pak?

    BalasHapus
  4. bebas selama mengandung bakteri lactobacilus (ane gak bisa sebutkan merek), di pasaran banyak dijual

    BalasHapus
  5. Untuk proses penyimpanan fermentasi sampai menjadi magoot berapa lama pak ? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung gan, lama bisa berbeda-beda.

      Hapus
  6. Itu airnya brp liter brow?

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email