Utama » , , , » Resep Pecel Lele Sangkuriang, makanan kaki lima yang Mendunia

Resep Pecel Lele Sangkuriang, makanan kaki lima yang Mendunia

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Rabu, 01 Mei 2013 - Diupdate Pada: Rabu, Mei 01, 2013

Pecel Lele? hmm bagi sebagian peternak lele tentu sudah tidak asing lagi. Memang selama ini Konsumen terbesar peternak lele (baik dumbo maupun sangkuriang) adalah para penjual pecel lele. Sekarang ini, Lele sangkuring disebagian daerah sudah mendominasi bahan baku pembuatan pecel lele. pecel lele sangkuriang memiliki keunggulan tersendiri.

Salah satu dari sekian banyak pejual Pecel Lele
Wah jadi ngiler, jadi pengen buat. Bagi yang ingin mencoba membuatnya dirumah (kan lelenya punya sendiri jadi ga ada salahmnya nyobain dirumah), berikut resep pembuatan pecel lele sangkuriang. Untuk bahan utamanya, pertama tentu saja yang harus anda sediakan terlebih dahulu adalah ikan lele sangkuriang ukuranya namun biasanya 7-9 ekor per kilogram (ukuran sesuaikan dengan selera).

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah saat membersihkan lele, buanglah seluruh bagian dalam insang dan perut lele. Jika kurang bersih, bagian insang bisa menyebabkan pecel lele berbau lumpur dan bagian perut lele biasanya terasa pahit. Dan ingatlah selalu untuk menggunakan minyak goreng sekali saja saat menggoreng lele.

Pembuatan Bahan Utama (lele sangkuriang goreng)

Gambar diambil dari google search
(biar terlihat lebih mantap hehe)
Buat bumbu peredam (untuk membumbui lele sebelum digoreng), bahannya :

  1. 1 sendok teh ketumbar
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sendok makan garam
  4. 2 cm kunyit
  5. 1 sdm air jeruk nipis

Bumbu peredam di atas kemudian dihaluskan/diblender sampai halus lalu diberi air kira-kira 100 ml.


Cara pembuatan bahan utama (lele gorengnya):
  • Rendam lele dengan larutan bumbu perendam. Biarkan beberapa menit agar bumbu meresap.
  • Panaskan minyak, goreng lele hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan.

Membuat Sambal Pecel Lele

Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. 6 biji cabe merah besar
  2. 10 biji cabe rawit tua
  3. 6 biji cabe keriting
  4. 1 buah tomat ukuran besar
  5. 2 siung bawang merah
  6. 2 sendok teh gula putih/gula merah
  7. 1 sendok teh garam
  8. 3 sendok teh terasi matang
  9. 1 jeruk limau untuk perasan
  10. Vetsin secukupnya kalo suka
Cara Membuat sambal pecel :

  • Cabai,tomat,bawang merah di rebus hingga matang,tiriskan, lalu bersama gula, garam, terasi dihaluskan bisa diuleg atau diblender tambahkan perasan jeruk limau. Bisa langsung Sajikan!
  • Namun anda juga bisa membuat sambal versi kedua dengan cara, panaskan minyak goreng kira-kira 2 sdm masukan sambal lalu tambahkan air 50 ml masak sampai kental. 
  • Sambal siap sajikan. 

Menu Pelengkap:

Agar terasa lebih mantap, sajukan pecel lele sangkuriang dengan msksnsn pelengkap berikut:
  • Timun
  • Daun kemangi
  • Kol
  • Tahu goreng
Semoga artikel ini bisa menambah koleksi resep, dan semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

0 comments:

Posting Komentar

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email