Utama » , » Perhatian peternak lele sangkuriang, Gunakan air bersih untuk kolam pembesaran Lele Sangkuriang!

Perhatian peternak lele sangkuriang, Gunakan air bersih untuk kolam pembesaran Lele Sangkuriang!

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Sabtu, 27 April 2013 - Diupdate Pada: Sabtu, April 27, 2013

Mitos bahwa lele adalah ikan yang kuat yang mampu bertahan dalam kondisi apapun, baik iru di aliran got, bahkan pembuangan limbah sudah melekat di fikiran sebagian besar masyarakat kita dan memang sulit dihilangkan.  Hal ini berkaitan dengan seringnya ditemukan lele yang hidup di aliran-aliran air yang tidak layak untuk ditinggali oleh ikan. Mitos ini begitu melekat di fikiran sebagian besar orang, hingga pada saat akan membudidayakan lele, kebanyakan orang beranggapan/beralasan lele mudah untuk diternakan. Hal ini jugalah yang menyebabkan kurangnya peminat lele karena alasan ke-higienisannya.

tentu hal ini bukan tyanpa alasan, kurangnya pengetahuan peternak, dan keinginan untuk meraih untung yang sebesar-besarnya membuat beberapa "OKNUM" melakukan apa saja. termasuk diantaranya memberi pakan lele dengan kotoran ternak lainnya. padahal pola pemeliharaan yang seperti ini sangat beresiko.

Berkaitan dengan penggunaan air,  lele memang tidak memerlukan air mengalir seperti jenis ikan lainnya, namun lele tetap memerlukan kualitas air yang bagus, dengan tingkat kandungan oksigen terlarut yang baik. Jika tidak, tentu akan berakibat buruk juga pada lele.

Berikut syarat-syarat penggunaan air untuk kolam pembesaran lele sangkuriang yang baik:
  1. Guanakan Air yang bersih (WAJIB), bila perlu disaring terlebih dahulu
  2. Air tidak Boleh Mengalir
  3. Gunakan Air Sumur, air sungai yang bersih (jika aliran sungai digunakan sebagai pembuangan limbah rumah tangga atau yang lainnya harus disaring dulu)
  4. Dalam beberapa kasus, bisa juga menggunakan air PAM, namun perlu diperhatikan adalah apakan kandungan kaporit dalam air tinggi atau tidak.
  5. Pilihan terbaik jatuh pada penggunaan air Sumur.
  6. Sebelum digunakan untuk pembesaran, terlebih dahulu air di beri pupuk kandang didalam karung supaya kotorannya tida bercampur kedalam kolam
  7. Awasi penggunaan pakan agar tidak berlebihan, karena penggunaan pakan yang berlebihan akan mengakibatkan keracunan pada lele sangkuriang.
Berikut contoh kolam yang telah di simpan selama 2 minggu dan telah diberi pupuk kandang:

klik untuk memperbesar
Pada gambar diatas, air kolam memang terlihat berwarna hijau, namun jika diteliti lebih jelas, warna hijau pada air kolam lebih disebabkan karena adanya plangton-plangkton. Nah pupuk kandang yang diberikan disimpan didalam karung yang diikat, jadi kalau sudah siap di tanami, karung tinggal diangkat dan tidak akan meninggalkan kotoran dikolam.

Tapi satu hal yang pasti, gunakan air bersih untuk kolam pembesaran lele sangkuriang. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

0 comments:

Posting Komentar

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email