Utama » , , , , , , » Usaha Lele Kandas di Percobaan Pertama, Kenapa?

Usaha Lele Kandas di Percobaan Pertama, Kenapa?

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Senin, 01 September 2014 - Diupdate Pada: Senin, September 01, 2014

Sekedar share pengalaman saja, semoga menjadikan pelajaran yang bisa di ambil hikmahnya khususnya pemula seperti saya.

Banyak kasus pembudidaya pemula yang baru terjun di dunia perlelean yang kandas/gulung terpal/bangkrut pada percobaan pertama. lalu kemudian mengambil kesimpulan tergesa-gesa yang membuat orang lain jadi enggan merambah bisnis ini. mungkin anda pernah mendengan istilah ini "Jangan usaha lele gak ada untungnya", "usaha lele gak bakalan untung, pakan mahal harga jual rendah", dll

Analisis, Artikel, Fakta dan Data, Kendala/Penyakit, Kisah Sukses, Rahasia, Tips dan Trik, Bisnis Lele
Lho koq bisa? saya mencoba memaparkan beberapa penyebabnya:

Kurang Pengetahuan dalam Budidaya

Budidaya lele, relatif lebih sulit bagi pemula sebenarnya. hal ini dikarenakan pola fikir calon pembudidaya lele yang salah. seperti misalnya anggapan bahwa lele adalah ikan yang superkuat yang dapat bertahan dalam kondisi perairan apapun, lele cepat dipanen, mudah pemeliharaanya, dll.

Akibatnya, sering kali pemula terkesan asal-asalan. bikin kolam asal ada airnya, ngasih pakan sekenanya, ya tentu saja amsiong hehe.

Kurangnya memikirkan faktor resiko

Saya sering liat postingan gini:
Ane newbi nyoba tebar bibit 10.000
Ane newbi nyoba tebar bibit 25.000
Ane newbi nyoba tebar bibit 30.000
dst....

Coba bayangkan, untuk membesarkan lele sebanyak 10.000 ekor, modal untuk bibit dan pakan saja minimal harus mengantongi 11.500.000 (01/09/2014), bagaimana untuk membesarkan 20 ribu, 30 ribu, dst. 
Kalau untung sih tidak mengapa, cuma masalahanya, jika rugi??? bukan menakut nakuti hanya saja kembali mengingatkan kenali faktor resiko sebelum memulai.

nah itu dalam budidaya, sekarang waktu panen, menjual lele diatas 1 ton untuk pertama kalinya bukanlah suatu hal yang mudah. Alangkah lebih baik jika kita mulai dari bawah/kecil dulu, 1 kuintal, lanjut panen berikutnya 2 kuintal, dst

Buruknya management keuangan

Hal hal ini terjadi hampir pada setiap pemula. bagi pemula biasanya karena dikit-dikit uang, ada masalah dikit uang, lele gantung uang, dll, lho koq?

contoh, biasanya bagi pemula, pas tebar liat lele tegak, panik nanya sana nanya sini, biasanya jawabanya harus pake ini, pake itu yang ujung-ujungnya harus di beli. bener gak? padahal biasanya solusinya gampang dan bisa di lakukan tanpa harus mengeluarkan uang tambahan.

nah akibatnya karena banyaknya pengeluaran diluar pengeluaran wajib, ongkos produksi membengkak, ya ujung-ujungnya rugi. hehe

Dst, silahkan tambahkan faktor lainya ya...

Sedikit saran dari saya:
jika temen-temen newbie seperti saya, ada baiknya hindari percobaan perdana tebar benih diatas 2000. kenapa?
  1. Saya modalnya, peluang keberhasilan tebar perdana/newbie apalagi belum pernah ada pengalaman sbelumnya < 50%, jika temen-temen spekulasi dengan nebar benih < 2000 coba bayangkan berapa besar modal yang korban
  2. jika temen-temen mampu tebar > 2000, mending dibuat beberapa tahap tebar, agar selain bisa menghemat modal di saat kritis, sekaligus kita jadikan setiap kali tebar menjadi.
  3. Hematlah penggunaan modal, jika terjadi masalah, jangan panik. jangan gampang tergiur dengan produk A, produk B. percayalah dalam budidaya lele banyak hal yang bisa di manfaatkan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

42 comments:

  1. gan ada tutorial yg bilang klo lele organik cukup diberi makan 12 jam sekali (sehari 2 sekali)...
    bener ga tuh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masalah pakan, sebenarnya lele jika di pakan 1 kali sehari masih normal, cuma pertumbuhannya lama. jadi intinya disesuaikan saja dengan kebutuhan

      Hapus
    2. jadi tutorial kya gitu baiknya saya lakuin atw ga gan ?

      Hapus
    3. tergantung, kalo pengen lele cepat besar kasih pakan 3-4 kali sehari

      Hapus
    4. Salam Agro

      Kami tawarkan solusinya yaitu :
      STAMINO, animal feed supplement
      Berbentuk tepung, mengandung asam amino esensial, protein, mineral dan vitamin yang berguna meningkatkan penyerapan nutrisi dan mineral di dalam sistem pencernaan. Mempercepat pertumbuhan berat badan dan mempersingkat masa panen. Meningkatkan nafsu makan, metabolisme serta daya tahan tubuh terhadap penyakit dan perubahan suhu. Sebagai pupuk untuk menumbuhkan plankton di kolam.
      Cara Pemakaian :
      -larautkan 10gram STAMINO dengan air secukupnya, rendam 30kg pakan selama 5-10 menit sebelum diberikan pada ikan setiap hari.
      - untuk menumbuhkan plankton, masukkan 10 gram STAMINO (untuk 50-100meter kubik air) ke dalam kolam 3 hari sebelum masuk bibit.

      BIODES, Probiotik untuk kolam
      Berbentuk tepung, mengandung mikroba untuk menjaga dan meningkatkan kualitas air dan kesehatan ikan/udang. Mengurai sisa pakan dan kotoran, mengurai gas beracun seperti asam sulfida dan nitrit, mengurangi jumlah organisme patogen dan mencegah penyakit.
      Cara Pemakaian :
      - Aduk rata 10gram BIODES dengan air secukupnya, diamkan selama 5-10 menit sebelum disiramkan ke kolam (untuk 50-100meter kubik air).

      LACTOGRO AQUA
      Mengandung probiotik yang akan meningkatkan kemampuan dalam mencerna makanan dan juga mencegah pertumbuhan bakteri patogen dalam sistem pencernaan. Meningkatkan nafsu makan dan penyerapan nutrisi, serta daya tahan terhadap penyakit dan stress.
      Cara Pemakaian :
      -larautkan 10gram LACTOGRO AQUA dengan air secukupnya, rendam 30kg pakan selama 5-10 menit sebelum diberikan pada ikan. Dapat dicampur dengan STAMINO dan dapat diberikan setiap hari.

      BIOFERM, highly effective decomposter
      Berbentuk tepung, mengandung mikroba untuk membantu mempercepat proses penguraian bahan organik pada dasar kolam. Diaplikasikan pada saat setelah pengeringan kolam.
      Cara Pemakaian :
      - Aduk rata 10gram BIOFERM dengan air secukupnya, diamkan selama 5-10 menit sebelum disiramkan ke dasar kolam kosong (untuk kolam ukuran 50-100 meter persegi).

      Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :
      Edy
      Hp. 0878 8535 8788
      Pin BB 218BDF3C
      Email : agrissera@gmail.com
      terima kasih.

      Hapus
  2. beli terpal digarut dimana? pasaran harga berapa?
    nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di toko material terdekat kang, harga tergantung ketebalan, cuma kalo yang agak besar harus pesan dulu,

      Hapus
  3. AGAN... TAU INFORMASI PENJUALAN BIBIT AREA SURABAYA ?

    THANKS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan Wilayah Surabaya Belom ada Info

      Hapus
    2. lele sangkuriang dimna posisi kang?

      Hapus
  4. Om lele ukuran 5-7 bisa langsung pake pakan alternatif ga ya.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dulu om, kondisi lele belom kuat, usahakan ukuran sangkal/remaja (15 UP)

      Hapus
    2. kalau usus bisa di giling/diblender halus pak setelah itu dicampurkan tepung

      Hapus
  5. GAN....
    PEMBERIAN PAKAN BOLEH DIPAGI HARI ? JAM 06 PAGI

    TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan untuk tidak memberikan pakan terlalu pagi karena suhu masuh rendah.

      Hapus
  6. gan ane newbie juga.
    ane udah tebar bibit 6000 ekor ukuran 4-5cm
    kira2 butuh kocek brp banyak ya untuk pakan sampai panen?
    sekarang sih ane masih pake pf-800 baru 1 karung = 10kg

    soalnya kata agan kan untuk 10rb ekor butuh cost untuk pakan sampai 11jutaan
    tolong di papar gan supaya jelas,
    mudah2an bisa jadi wawasan tambahan buat yang lain.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ane ukuran 4-5 udah bisa masuk 781, preo 1, ato lp1 jadi harga bisa lebih murah

      untuk 6000 ekor estimasi habis pakan sekitar 600kg atau kurang lebih 20 sak @30kg (dengan asumsi fcr 1:1) silahkan dihitung dan disesuaikan dengan harga pelet di daerah agan

      Hapus
    2. MORNING........
      KEMATIAN MASAL BIASANYA TERJADI PADA USIA/CM BERAPA GAN ?
      PENYEBABNYA APA YA?

      TQ

      Hapus
    3. Kematian masal biasanya terjadi pada saat pemindahan ke kolam pembesran jika kondisi kolam tidak baik.

      Hapus
  7. TEBAR PADAT YANG SAYA PRAKTEKAN LUAR BIASA BIAYA PAKANNYA.
    UNTUK MENGHIDARI PERBEDAAN UKURAN TANPA HARUS MELAKUKAN SORTIR APA YANG HARUS DIPERBUAT.
    MOHON PENJELASANNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak hal. namun terutama penebaran ukuran bebi harus seragam. coba tebar benih ukuran 12. namun harus disertai dengan Management Pakan yang Ketat. Insya Allah Akan cukup Seragam

      Hapus
  8. konsultasi dulu ke reg spasi primbon mas kirim 9277, munkin anda tidak cocok kerja di air..

    ayo semangat.. usaha bisa budidaya apa saja.. manusia cma jalanin bukan nentuin ciiin..

    BalasHapus
  9. Gan. Tiap pagi ada yang mati didasar kolam terus saya ganti air perlu tidak? Kasih infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggantian air hanya dilakukan jika air bau atau terlalu kental. untuk kasus seperti ini cukup di sifon saja

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Gan, saya dengar pakan bisa diganti dgn mi instan, itu protein nya gmn? Beda jauh dgn pelet apa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan pakan alternatif lele berasal dari makanan yang berbahan dasar hewani seperti daging dan ikan

      Hapus
  12. Mas Ridwan.. Aku ikut Joint Group di Fb tp kok gbs yaa?? SoaLnya butuh referensi.
    Pngn ikutan terjun di bisnis ini tp bLm bgtu paham apa aja yg mst di persiapkan.
    Mohon baLasan nya yaa, tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. O Iya kah? Maaf, saya agak jarang OL Sekarang jadi jarang buka FB dan Group

      Hapus
  13. Saya dari ciamis kang,saya mau ikutan ternak lele,mau tanya Modal minimal untuk ternak lele berapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modal yang diperlukan tergantung target yang ingin didapat, semakn besar target, semakin besar modal. tapi sebagai gambaran:

      untuk pembesaran 1000 ekor diperlukan modal sekitar 1.100.000 (9/2015) full pelet
      kalau menggunakan pakan alternatif mungkin bisa lebih murah

      Hapus
  14. boleh dirincikan lg gan, Rp 1.100.000,- itu apa aja pengelurannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bibit 150 rb
      pakan 900-950 rb

      biaya peyusutan assets tidak masuk kedalam hitungan

      Hapus
  15. Gan kalau makanan nya di kasi keong gmna gan.
    dan bagai mana cara buat Indukan lele gan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kang, keong nya di rebus dulu, terus di cokelan isi keongnya terus di masak lagi bisa dimakan, sama lele bisa, di makan pake nasi juga bisa. hehe

      Hapus
  16. bang saya mau tanya kalo bibit ukuran
    7-8 cm menggunakan pelet fp 999 bagus ga bang.terima kasih

    BalasHapus
  17. Usaha lele saya cuma 2 kolam kapasitas yotal 5000 benih pakan full pelet itu aja masih untung bener di katakan 1000 ekor sama dengan 1150000 dengan harapan jd 1 kwintal lele isi 8/kg

    BalasHapus
  18. Rekan fb yg mau beli bibit lele segala ukuran boleh menghubungi saya di 0812 1242 0354

    BalasHapus
  19. Rekan fb yg mau beli bibit lele segala ukuran boleh menghubungi saya di 0812 1242 0354

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email