Utama » , , , , , , , » Benarkah tidak boleh memberi makan lele terlalu pagi?

Benarkah tidak boleh memberi makan lele terlalu pagi?

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Senin, 02 Desember 2013 - Diupdate Pada: Senin, Desember 02, 2013

Judulnya sudah menjelaskan detail pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh banyak pembudidaya lele Sakuriang terutama yang mengimplementasikan Teknik Organik. Memang menurut beberapa pelatihan dan petunjuk yang saya dapatkan, pemberian pakan lele tidak boleh terlalu pagi. Hal ini dikarenakan akan mengakibatkan banyak masalah bagi lele itu sendiri.



Ah Masa sih? hehe boleh percaya boleh tidak, tapi mari kita telusuri alasannya mengapa kita tidak boleh memberi makan lele terlalu pagi.

Pertama Kondisi air yang masih dingin, berbeda dengan malam hari, suhu kolam akan berubah dari Panas ke dingin, artinya lele memang harus diberikan asupan makanan supaya ada energy yang bisa digunakan untuk menghadapi suhu dingin ini. Nah pada Pagi hari, Keadaan sebaliknya terjadi, Air akan berubah dari Dingin ke hangat. Nah perubahan ini yang harus di waspadai agar tidak memberi makan lele pada saat-saat seperti ini. 

Kedua, dari uraian diatas, jelas parameter tidak boleh memberi makan lele terlalu pagi adalah adanya perubahan suhu dari dingin ke hangat. Perlu diingat bahwa lele adalah binatang yang sensitif akan adanya perubahan, baik suhu, kondisi air, dsb.

Kalau begitu apakah pemberian pakan pagi minimal harus jam 9 pagi????

Tidak harus, kalau diperhatikan dari uraian diatas, maka pemberian pakan boleh diberikan setelah suhu air hangat, jadi anda boleh memberikan pakan Jam 9, Jam 8, Jam 7 selama suhu pada kolam lele anda sudah hangat. Bisa hanyat karena mendapat sinar matahari atau hangat karena faktor lain (musalnya lokasi budi daya di dalam ruangan dengan suhu yang relatif hangat)

Tapi yang jelas "Do It With Your Own Risk", segala sesuatu yang ideal adalah berdasarkan pengalaman probadi yang kita dapatkan, tentunya dengan arahan atau gude line dari pengalaman orang lain yang telah lebih dulu sukses dalam bidang ini.
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

1 comments:

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email