Utama » , , , , , , , » ARTEMIA - Pakan Larva Lele Pengganti Cacing Sutra

ARTEMIA - Pakan Larva Lele Pengganti Cacing Sutra

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Senin, 09 Desember 2013 - Diupdate Pada: Senin, Desember 09, 2013

Bagi pembenih lele, pakan alami memang cukup susah untuk di dapatkan, misalnya kutu air, atau cacing sutra. Nah untuk pakan larva, anda bisa gunakan Artimia sebagai bahan pakan bagi Larva Lele anda. Artemia merupakan pakan alami yang banyak digunakan dalam usaha pembenihan ikan dan udang, karena kandungan nutrisinya baik. 

Pakan Larva Lele
Artemia masih tetap merupakan bagian yang esensial sebagai pakan larva ikan dan udang diunit pembenihan. Keberhasilan pembenihan ikan bandeng, kakap dan kerapu juga memerlukaan ketersediaan Artemia sebagai pakan alami esensialnya, serta dengan adanya kenyataan bahwa kebutuhan Artemia untuk larva ikan kakap dan kerapu 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan larva udang, maka kebutuhan cyste Artemia pada tahun-tahun mendatang akan semakin meningkat (Raymakers dalam Yunus, dkk., 1994)

Berikut tata-cara membudidayakan Artemia.

Siapkan botol air mineral ukuran 1 liter dan potong bagian bawah botol. Kemudian gunakan tali untuk gantungan botol. Lubangi tutup botol untuk penempatan selang udara Oxygen.
Pakan Larva Lele

Siapkan Garam Ikan 1 sendok makan.
Pakan Larva Lele

Masukkan Garam 1 Sendok makan ke dalam botol.
Pakan Larva Lele

Siapkan 1 sendok SERA Artemia Mix atau Supreme Plus.
Pakan Larva Lele

Masukkan SERA Artemia Mix atau Supreme Plus ke dalam botol .
Artemia, Pakan Larva Lele

Masukan Air Mineral Bersih pada botol hingga hampir penuh.
Artemia, Pakan Larva Lele

Hidupkan mesin pompa udara untuk mensuplai Oxygen pada botol

Artemia, Pakan Larva Lele

Biarkan proses itu bekerja selama 24 jam
Artemia, Pakan Larva Lele

Setelah 24 jam. matikan mesin pompa udara, dan biarkan air dalam botol diam sekitar 20 menit. Bayi Artemia akan mengendap atau berada di bagian bawah botol.
Artemia, Pakan Larva Lele

Selanjutnya saring Artemia yang berwarna orange itu dengan saringan kain yang paling halus (boleh pakai saringan teh), Bilas Artemia dengan air mineral bersih pada saat masih di dalam saringan yang sama sebanyak 2 kali. Selanjutnya Artemia siap diberikan kepada Larva Lele atau Larva Ikan Hias sebagai pengganti Cacing Sutra yang sulit diperoleh dan sedikit repot dalam pembudidayaannya.

Artemia, Pakan Larva Lele

Semoga Berkah dan Bermanfaat

Sumber: Komunitas Lele Sangkuriang

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

22 comments:

  1. Itu mksdnya gmna..obat apa..? Mksh.

    BalasHapus
  2. Nama artemia sms supreme..itu kok ditoko pakan ikan g ada yg tau ya..?ajarin donk gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. O itu bukan obat, itu bibit/starter, biasanya ada gan, cuma gak setiap toko pakan jual, biasanya yang sering jual itu di toko perlengkapan aquarium

      Hapus
  3. Klo tanya apa ya gan..??buat apa..?

    BalasHapus
  4. Tlng pnjlsnya jga oxygen apa itu..?yg buat gelembung2 itu ya bro..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang biasa dipake bikin gelembung di aquarium

      Hapus
    2. kalo mau beli penggelembung itu namanya " AIRATOR " di toko aquarium ato toko pakan ikan biasanya ada. kalo ditempat saya sekitar Rp 40 ribuan.

      Hapus
  5. Wah..tetep aja pada g ada yg tau gan...mngkn beli ke ente aje x ye gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane kagak jualan gan hehe. emang casut susah ya gan?

      Hapus
    2. Yoi bro..g ada yg teu..ane mau praktek jdi susah..ada altrnatf laen kgak..?msalnya pke dedak ato pur..?

      Hapus
    3. Untuk bibit bisa pake kuning telur, langjut pelet fengli

      Hapus
    4. Bkan itu bro..altrntf bhan bakunya itu loh.artemia mix nya,ada cra lain g utk membuat kutu air berkmbng biak.

      Hapus
    5. Hmm alternatifnya ane gak tau gan, yang tau cuma itu doang

      Hapus
    6. klo pake kuning telur aja bisa ngak ?

      Hapus
    7. bisa gan, cuma kalo ada casut buat pembenihan ane sarankan pake casut

      Hapus
  6. Oke gan..ane dah dpt..ini ane lgi praktek...mksh.

    BalasHapus
  7. Bro, apakah dengan ini ada efek ke kesehatan/daya tahan benih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertumbuhan ke lelenya lebih lambat, artemia ini hnya untuk alternatif jika susah mendapatkan casut

      Hapus
  8. dimana mencari artemia daerah ciami

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email