Utama » , , , , , , » Kenali Fungsi dan Manfaat Pohon dan Daun Ketapang

Kenali Fungsi dan Manfaat Pohon dan Daun Ketapang

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Senin, 23 September 2013 - Diupdate Pada: Senin, September 23, 2013

Pasti pada kenal dong sama pohon ketapang?? (liat digambar kalo belom pernah lihat di gambar). Pohon ini dikenal menghasilkan suatu racun pada daun-daunnya untuk mempertahankan dirinya terhadap serangga parasit. Daun-daun yang mengeringkan jatuh masuk ke sungai akan menimbulkan warna coklat kuat. Larutan ini penuh dengan asam organik seperti humic dan tannin.

Penampakan Ketapang - Gambar dari Google Images


Ketapang yang mengering dapat melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, yang dapat menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air yang nyaman bagi ikan.

Asam humic, adalah suatu campuran yang komplek pembusukan sebagian bahan-bahan organik. Asam humic dari air tawar berasal dari beberapa sumber, terbanyak datang dari tanah hasil pembusukan tanaman. Zat ini terbawa air masuk ke sungai dan danau dan berubah sepanjang perjalanannya hingga ke laut. Asam Humic mengandung belerang, fosfor dan nitrogen serta bermacam-macam zat lain seperti Ca, Mg, Cu, Zn dan lain lain. Asam humic dapat dipecah ke dalam dua kelompok berdasar pada ukuran dan polaritas masing-masing komponennya. Pecahan yang lebih kecil yang lebih polar dinamakan asam fulvic dan yang lebih besar yang bukan polar biasanya disebut asam humic. Asam humic adalah hasil akhir pembusukan bangkai binatang maupun tumbuh-tumbuhan yang sangat berperan penting dalam kesuburan tanah.

Daun dan Buah Ketapang - Gambar dari Google Images


Secara umum, pemberian daun ketapang pada kolam dapat menurunkan PH air. Namun jika terlalu banyak pemberian daun ketapang kering kedalam air dapat membuat pH semakin rendah. Maka sesuaikanlah pemakaian ketapang kering agar memberikan efek yang optimal kepada ikan.

Sekian, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

4 comments:

  1. waaoooo, bisa sebagai pengganti garam dong yaaaa,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilihat dari fungsinya bisa, saya biasa pake buat campuran herbal

      Hapus
  2. nak beli Daun Ketapang / Catappa kering dgn poslaju malaysia sila SMS/whatapps +60175522128.

    BalasHapus
  3. biasanya dulu jaman masih SD buahnya di kupas dan ada seperti kacang di tengahnya, dimakan rasanya seperti kaang, tetapi katanya tidak boleh banyak banyak bisa buat teler.
    kunjungi juga blog saya di http://www.sehatherbal.ml

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email