Utama » , , , , » Resep - Lele Sangkuriang Goreng Kremes

Resep - Lele Sangkuriang Goreng Kremes

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Minggu, 07 Juli 2013 - Diupdate Pada: Minggu, Juli 07, 2013

Wah libur panjang enaknya ngapain ya? (emang peternak punya waktu libur hehe). Sepertinya enak kalau kita bereksperimen mengolah lele sangkuriang menjadi olahan menarik yang bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. hehe
Gambar dari google

Nah mungkin resep ini bisa menjadi salah satu alternatif mengolah lele sangkuriang menjadi santapan yang nikmat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. 2 ekor lele sangkuriang ukuran sedang
  2. 1/2 sdt air jeruk nipis
  3. 1/2 sdt garam
  4. 1/2 sdt merica bubuk
  5. 150 ml air

Bumbu yang dihaluskan :
  1. 2 siung bawang putih
  2. 1/2 sdt ketumbar
  3. 1 ruas jari kunyit bakar
  4. 2 btr kemiri,sangrai

Bumbu kremes :
  1. 150 ml air sisa rendaman berbumbu
  2. 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  3. 40 gr tepung beras
  4. 10 gr tepung sagu

Cara Membuat lele goreng kremes:

  1. Cuci bersih lele sangkuriangnya sampai lendirnya hilang, buang jeroannya 
  2. Lumuri lele sangkuriang dengan air jeruk nipis. Diamkan beberapa saat lalu cuci kembali hingga bersih. 
  3. Aduk rata garam, merica bubuk, dan air. Tambahkan bumbu halus.
  4. Masukkan lele sangkuriang dan rendam selama 30 menit. Angkat dan tiriskan.
  5. Aduk rata bahan kremesan.
  6. Celupkan ikan lele sangkuriang kedalam bahan kremesan.
  7. Panaskan minyak yang agak banyak agar seluruh permukaan ikan lele sangkuriang terendam.
  8. Goreng hingga matang dan kering. 
  9. Angkat lalu tiriskan.
  10. Goreng sisa kremesan dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga berwarna kuning keemasan.
  11. Hidangkan ikan lele goreng dengan taburan kremesan.

Wah mantap kan, ayo segera coba, kan lelenya ada dikolam hehe. Selamat mencoba

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

0 comments:

Posting Komentar

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email