Utama » , , , » Kenali penyebab Lele Sangkuriang menggantung di permukaan kolam

Kenali penyebab Lele Sangkuriang menggantung di permukaan kolam

Dipostingkan Oleh RDOne Barakah pada Rabu, 29 Mei 2013 - Diupdate Pada: Rabu, Mei 29, 2013

Banyak pertanyaan seputar kendala beternak Lele Sangkuriang. Salah satunya adalah Lele Sangkuriang yang menggantung di permukaan kolam, lalu beberapa saat kemudian mati. Hal ini tentu sangat menggannggu. Jika kita  menemukan ada lele yang menggantung dipermukaan  kolam, alangkah baiknya segera kita tindakan.

Gambar dari Google images
Namun sebelum mengambil tindakan, sebaiknya kita mencari tahu dulu penyebabnya, supaya langkah penanggulanggannya tepat. karena penanggulangan yang kurang tepat akan berdampak buruk.

Ada beberapa penyebab lele sangkuriang menggantung di permukaan kolam.

Pertama, lele menggantung dikarenakan kondisi air kolam yang sudah buruk untuk media hidup lele. bisa jadi dikarenakan pemberian pakan yang tidak sesuai SOP, atau penyebab lainnya. Misal air kolam terlalu banyak terkena Air hujan.
Selain itu, rusaknya kondisi air kolam jiga bisa disebabkan oleh kadar amoniak yang sudah tinggi akibat kotoran/feses ikan dan sisa pakan yang tidak terurai di dasar kolam.

Kedua, terjadi perubahan PH yang drastis dan lele sangkuriang kesulitan untuk melakukan penyesuaian. Hal ini biasanya terjadi saat kolam diguyur hujan yang terus menerus.

Ketiga, adalah lele yang ada dipermukaan tersebut sedang terserang penyakit. Lele yang sakit biasanya akan keluar lendir secara berlebihan sebagai bentuk perlawanan tubuh terhadap serangan dari luar. Akibatnya bobot lele jadi lebih berat. Untuk mengimbanginya, maka gelembung udara yang ada ditubuh lele akan membesar. Namun karena kehilangan kontrol tubuh dari imbas serangan penyakit, yang terjadi gelembung tersebut justru terisi penuh melebihi kebutuhan.

Akibatnya lele justru melayang keatas dan menggantung dipermukaan. Serangan penyakit yang menyerang bagian insang, juga mengakibatkan ikan lele kesulitan bernafas. Oleh karenanya lele akan mengambil oksigen langsung dari udara diatas .
Keempat, Jika lele cuma menggantung pada saat malam hari, bisa jadi karena kadar oksigen air pada malam hari sedang rendah, atau suhu air bagian bawah atau dasar kolam yang terlalu dingin.

Penyebabnya biasanya karena plankton yang terlalu padat. Plankton (jenis fitoplankton)saat malam hari justru membutuhkan oksigen dalam porsi yang besar. 

Demikian beberapa penyebab lele sangkuriang menggantung diatas permukaan kolam. dalam postingan yang lain, Insya Allah kita bahas solusinya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

11 comments:

  1. untuk permasalahan ketiga gimana penanganya ?

    BalasHapus
  2. untuk mASAlah yg ke 4 bagaimana solusinya ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kejadiannya seperti no 4, jika pakai sistem organik gak perlu khawatir karena biasanya tidak bermasalah kepada lele

      jika padat tebar, air dibuat kental

      Hapus
  3. Klo bibit lele umur 4-5 minggu menggantung d permukaan air akibat hujan terus menerus obatnya apa ya sobb...??? Trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. PH Turun, oba stabilkan PH, cek postingan tentang menyetabilkan PH

      Hapus
  4. kalau lele menggantung disebabkan oleh air kolam yang berbau, padahal sudah seminggu yang lalu saya menggantinya. setelah saya ganti seminggu kemudian menggantung dan berbau lagi.. intinya setaip seminggu air kolam berbau dan ikan menggantung.
    mohon solusinya !
    terima kasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakannya pake apa? kolam bau disebabnkan banyaknya kotoran dalam kolam yang disebabkan oleh menumpuknya sisa2 makanan yang tidak termakan. Jadi solusinya atur pemberian pakan.

      Hapus
  5. kalau lele mengambaang di permukaan kolam pada malam hari dan kagetan kenapa ya? untuk solusinya sperti apa? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tyerjadi karena suhu berubah drastis, nanti setelah beradaptasi biasanya lele akan normal kembali

      Hapus
  6. Klo sring mngembang dan mlas mkan solusinya gimna??

    BalasHapus

Cari Artikel Budidaya


Kirim postingan terbaru ke Email